Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batal Dibangun di Nongsa, Sirkuit Bertaraf Internasional Dipindah ke Bintan
Oleh : Putra Gema
Rabu | 19-01-2022 | 18:04 WIB
ansar-sirkuit.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana pembangunan sirkuit internasional di kawasan Nongsa diketahui telah dibatalkan dan telah dialihkan ke Kabupaten Bintan, tepatnya akan dibangun di Kawasan Bintan Resort.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad saat ditemui di Kota Batam. Di mana, pembatalan tersebut setelah dirinya melakukan pertemuan dengan Menko Ekonomi Airlangga Hartanto di kawasan Nongsa beberapa waktu yang lalu.

"Di Nongsa saat ngobrol dengan Pak Menko Ekonomi, itu dinyatakan dibatalkan karena ke depan kan ada tempat produksi film dan itu yang membuat lokasi sirkuit di Nongsa sangat tidak memungkinkan, karena sirkuit itu akan digunakan setiap hari dan akan mengganggu," kata Ansar, Rabu (19/1/2022).

Menindaklanjuti hal tersebut, Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga melakukan survei ke beberapa lokasi di Kepri dan menetapkan bahwa Kawasan Bintan Resort menjadi lokasi yang sangat tepat untuk dibangun sirkuit bertaraf internasional tersebut. "Jadi itu bukannya kita yang putuskan, desain sudah ada dan jika tidak ada halangan, mungkin Februari depan sudah akan ground breaking," ujarnya.

Lanjut Ansar, nantinya sirkuit bertaraf internasional ini akan berdiri di atas lahan seluas 200 hektar dengan nilai investasi dari pihak swasta sekitar Rp 1 triliun. "Minimal jika itu terjadi maka akan ada event internasional yang dapat kita kontrak di situ, kita akan perbanyak entertain Kepri agar para pendatang khususnya WNA dapat lebih lama saat berkunjung ke Kepri," tutupnya.

Editor: Gokli