Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orang Tua Siswa di Batam Antusias Antarkan Anaknya Ikuti Vaksin Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 27-12-2021 | 12:37 WIB
vaksin-anak-sd1.jpg Honda-Batam
Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN 002 Sagulung. (Paskalis Rh/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kegiatan vaksinasi presisi yang diselenggarakan Biddokes Polda Kepri di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 Sagulung, di serbu ribuan anak dan orang tua siswa.

Antusias orang tua siswa ini tampak di Sekolah SDN 002, Sagulung, Tembesi Lestari, Kota Batam yang digunakan sebagai lokasi dilaksanakannya kegiatan vaksinasi untuk anak sekolah usia 6-11 tahun, Senin (27/12/2021).

"Sejak pagi kami telah berada di Sekolah untuk mendampingi anak mengikuti kegiatan vaksinasi," kata Ati, salah satu orang tua siswa kepada BATAMTODAY.COM.

Ati mengatakan sebelum vaksinasi anak digelar, para orang tua siswa telah mendapatkan sosialisasi dari pihak sekolah. Sehingga, kata dia, mereka pun antusias mendampingi anak-anaknya untuk divaksin.

Sebagai orang tua, kata Ati, dirinya tidak merasa khawatir dengan pemberian vaksin kepada anaknya. Sebab, menurut dia, hal itu penting dilakukan agar para siswa yang tengah mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas terlindung dari penularan Covid-19.

Ati mengaku sangat antusias dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Ia pun berharap agar setelah mendapatkan vaksin, anaknya segera mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka.

"Karena hampir 2 tahun ini belum ikut PTM, maka saya berharap anak saya bisa segera sekolah. Orang tua lainnya silahkan datang untuk mendampingi anaknya guna mendapatkan vaksin, agar bisa membantu pelaksanaan PTM," tambahnya.

Sementara itu, orang tua siswa lainnya, Jojo, mengatakan, bahwa sang anak sangat menginginkan bertemu dengan teman-teman dan guru-guru yang ada di sekolah. Bahkan, anaknya sendiri yang meminta divaksin agar bisa kembali bersekolah dengan normal.

"Anak saya meminta sendiri untuk mengikuti vaksin, karena sangat ingin sekolah tatap muka untuk bertemu dengan teman-teman sebayanya. Dia juga ingin punya pengalaman untuk bisa mendapat ilmu langsung dari para guru," timpalnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 002 Sagulung, Gusmawati, mengatakan jumlah anak yang menjalani vaksinasi sebanyak 1.027 orang. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari siswa sekolah Negeri dan swasta di wilayah Tembesi.

"Total anak usia 6-11 tahun yang mengikuti kegiatan vaksinasi sebanyak 1.027 orang. Jumlah itu merupakan gabungan dari SDN 002 Sagulung dan SD Ester," kata dia.

Gusmawati mengatakan, dengan adanya kegiatan vaksinasi ini anak-anak di Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam dapat segera terbentuk Herd Imunitynya agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Melalui vaksinasi, kata Gusmawati, tubuh akan mampu mengenali virus dengan baik, sehingga dapat mengurangi dampak buruk maupun infeksi Covid-19.

Gusmawati pun berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka segera diberlakukan untuk semua sekolah di Kota Batam.

"Dengan kegiatan vaksinasi ini, kami harap syarat untuk Pembelajaran Tatap Muka segera diberlakukan. Kami memang berharap di semester 2 ini, semua siswa bisa hadir mengikuti kegiatan belajar mengajar secara langsung di Sekolah," pungkasnya.

Editor: Yudha