Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gempita Lanjutkan Penanaman Pohon Trembesi di Batam
Oleh : Ocep/Dodo
Sabtu | 07-07-2012 | 11:52 WIB

BATAM, batamtoday - Gerakan Masyarakat Peduli Kota Batam (Gempita) berencana melanjutan program Eco Care Society pada Oktober 2012 mendatang dengan mempersiapkan penanaman 25 ribu pohon Trembesi di berbagai kawasan hutan di Kota Batam.


Hanny Andries, Pembina Gempita mengungkapkan, program penghijauan yang dipelopori pihaknya dengan nama Eco Care Society masih akan dilanjutkan.

"Bulan Oktober tahun ini nanti kita akan menanam serentak sebanyak 25 ribu batang pohon," ujarnya usai peresmian program Eco Care Society di lapangan parkir Stadion Temenggung Abdul Jamal, Sabtu (7/7/2012).

Pohon-pohon yang akan disiapkan, katanya, masih berjenis Trembesi, namun nanti akan ditanam di kawasan-kawasan hutan di Kota Batam.

Menurut Hanny, kawasan-kawasan hutan di kota ini sudah banyak yang gundul tanpa ada reboisasi yang berarti oleh pihak-pihak terkait.

Karena itu Gempita menilai kawasan hutan merupakan lokasi yang ideal untuk dilakukan penanaman pohon tersebut.

Berbeda dengan yang dilakukan hari ini dimana 15 ribu pohon Trembesi ditanam di sepanjang jalan protokol.

Adapun konsep rangkaian kegiatan yang direncanakan nantinya adalah seperti apa yang digelar hari ini, yakni Gempita mengadakan panggung hiburan dan diisi dengan penarikan undian berhadiah (doorprize) kepada para peserta setelah penanaman pohon.

Kendati demikian, Gempita belum dapat memastikan kapan tanggal pelaksanaan penanaman berikutnya tersebut.

Namun Gempita berencana pelaksanaannya bertepatan dengan jadwal kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Batam pada Oktober 2012 mendatang.

Lebih jauh, Hanny mengatakan Gempita bersyukur Program Eco Care society dengan melakukan penanaman 15 ribu pohon Trembesi yang telah dilaksanakan pada hari ini telah berjalan dengan lancar.

Dimana berbagai komponen masyarakat yang sudah direncanakan ikut terlibat, telah melakukan penanaman seluruh pohon Trembesi yang disiapkan panitia.

Dari pengamatan batamtoday, kegiatan penanaman dilakukan sejak pukul 06.00-10.00 WIB di hampir setiap sisi jalan protokol di kota ini. Bahkan kegiatan ini pun tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai kegiatan penanaman pohon terbanyak di jalan protokol.

Hanny berharap kegiatan penanaman pohon yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam dan didukung oleh berbagai tokoh masyarakat, perbankan dan dunia usaha ini dapat bermanfaat bagi upaya pelestarian lingkungan di Batam sebagai kota industri.

Selain itu dia juga mengucapkan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan ini.