Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelebihan Uang Pas Penumpang di PDS Sering Tidak Dikembalikan Petugas
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 06-07-2012 | 17:34 WIB

BATAM, batamtoday - Petugas Pas penumpang pelabuhan domestik Sekupang (PDS) meminta Rp6 ribu per orang untuk setiap penumpang yang akan berangkat. Padahal biaya resminya Rp5.500 per orang. Selisih Rp500 tersebut diduga masuk kantong pribadi petugas.


Dengan jumlah rata-rata penumpang 1.000 orang sampai 1.500 orang, jumlah uang tidak resmi yang diambil dari penumpang bisa mencapai Rp500 ribu hingga Rp750 ribu per harinya.

Menurut pengakuan salah seorang penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang, dia dimintai pas penumpang sebesar Rp6 ribu. Dia mengaku tidak tahu kalau biayanya hanya Rp5.500 per penumpang yakni terdiri dari seaport Rp3.500 ditambah biaya asuransi Rp2 ribu.

"Tadi diminta Rp 6 ribu. Saya tidak ada tanya-tanya. Kalau tidak ada, tidak boleh lewat," kata salah seorang penumpang kepada wartawan, Jumat (6/7/2012).

Deni, Wakil Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Domestik saat dikonfirmasi batamtoday mengatakan pungutan bukan ditetapkan oleh petugas, karena banyak penumpang yang tidak mengambil kembalian uangnya dan tidak ada pemaksaan dari petugas.

"Penumpang kadang tidak mengambil kembalian uangnya Rp500 karena buru-buru jadi langsung dikasih gitu aja. Tapi tidak semua penumpang," ujar Deni.

Lanjut Deni, dia sering kali mengingatkan kepada anggotanya yang memungut iuran agar tidak meminta uang lebih. Bahkan sering kali juga dia harus berjalan kaki untuk menukarkan uang ke warung-warung agar ada kembalian kepada penumpang.

"Kalau ada uang kembalian yang tidak diambil penumpang, paling digunakan untuk beli makanan dan minuman," terangnya.