Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melawan Kiamat Internet 9 Juli 2012
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 06-07-2012 | 11:03 WIB
Kiamat_Internet.jpg Honda-Batam
Ilustrasi:Kiamat Internet

LONDON, batamtoday - Ancaman kiamat internet mungkin dalam hitungan tiga hari lagi. Tepatnya 9 Juli 2012, diperkirakan sekitar 500 ribu komputer pengakses yang terinfeksi virus DNSChanger akan mati total. Seluruh jaringan internet global akan mengalami gangguan seiring merebaknya virus tersebut.


DNS atau Domain Name System adalah layanan internet pengubah nama domain seperti www.batamtoday.com menjadi kode angka sehingga antar komputer mampu terhubung. Sementara itu, virus DNS Changer merusak sistem tersebut. Virus yang tergolong dalam kategori Malware ini selain akan mereboot sistem juga memberi peluang bagi para penjahat cyber untuk dapat mengontol komputer dari jarak jauh.

"DNSChanger sangat berbahaya, apakah kita mampu melawan ancaman kiamat internet?" tulis seorang praktisi Hacker, John Dahl dalam akun Onegooglesoldier, Jum'at(6/7/2012).

Google memprediksi sekitar 500 ribu lebih komputer sudah terinfeksi DNSChanger. Sejumlah ahli keamanan komputer sebenarnya sudah memenangkan gugatan tentang akses pengendalian infrastruktur yang dikelola para peretas trojan itu. Sayangnya kemenangan mereka tahun lalu itu tidak diikuti dengan izin mematikan infrastruktur menjelang kiamat Internet, 9 Juli 2012.

Pada Maret 2012, FBI telah mendapatkan izin dari pengadilan untuk membiarkan server membersihkan DNS mereka sendiri. Solusi ini bersifat sementara karena mengizinkan korban untuk membersihkan DNS mereka dan mengembalikan ke pengaturan normal DNS. Tapi hanya sampai 9 Juli 2012, komputer yang masih terinfeksi DNSChanger tetap akan menerima kiamat Internet

Untuk melawan kiamat internet, google mengajak para pengguna untuk melakukan pengecekan terhadap virus DNSChanger. Ada sejumlah situs yang bisa dimanfaatkan untuk langkah ini, slaah satunya www.dns-ok.us. Laman ini akan menunjukkan apakah komputer terjangkit malware. Jika tertulis DNS Resolution = Green, berarti komputer aman. Tapi jika DNS Resolution berwarna merah, hati-hati itu indikator awal terinfeksi.

Tak hanya situs www.dns-ok.us, Google pun membuat sebuah aplikasi yang memperingatkan ancaman ini. Mesin pencari raksasa ini akan menampilkan peringatan bagi komputer yang terindikasi kena malware jika membuka google.com. Dalam peringatan tersebut, Google juga menambahkan tautan untuk menghapus serangan malware.