Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang ke-20

Wagub Marlin Ajak Masyarakat Tanjungpinang Bersatu Padu Membangun Daerah
Oleh : Redaksi
Senin | 18-10-2021 | 19:48 WIB
TPI-20.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Upacara Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-20 pada Minggu (17/10/2021). (Humas Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Tanjungpinang untuk meneguhkan komitmen dan bersatu padu memberikan karya serta prestasi yang terbaik bagi ibu kota Provinsi Kepri sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensi masing-masing.

Komitmen dan keteguhan itu disampaikan Wakil Gubernur Hj Marlin saat menghadiri upacara peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang ke-20 tahun 2021 di Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Minggu (17/10/2021).

Wakil Gubernur secara khusus menyerukan ajakan tersebut karena saat ini di peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang masih dalam situasi pandemi Covid-19. Wagub Marlin menilai kebijakan pembangunan haruslah dilakukan secara beriringan dan bersinergi dengan upaya penanggulangan Covid-19.

Seluruh elemen harus berupaya semaksimal mungkin mengantisipasi dan beradaptasi dalam kebijakan pembangunan akibat adanya badai pandemi Covid-19 ini. "Alhamdulilah dengan usaha dan upaya kita bersama, baik Provinsi dan Kabupaten/Kota, maka Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah dapat mengurangi jumlah kasus harian terkonfirmasi dan Kota Tanjungpinang sudah berada dalam status PPKM level 1. Kondisi ini tentunya menjadi pendorong semangat guna melaksanakan berbagai aktivitas dan kegiatan masyarakat, perekonomian secara bertahap kembali jalan dan berkembang namun tentunya tetap dengan penerapan prokes agar tidak muncul clustee kasus baru di Kota Tanjungpinang," ucap Wakil Gubernur Marlin, demikian dikutip laman Pemprov Kepri, Senin (18/10/2021).

Wakil Gubernur juga mengatakan dalam mengatasi pemulihan ekonomi masyarakat di Kepulauan Riau akibat dari pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah mengambil beberapa kebijakan seperti program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dan bantuan sosial bagi keluarga terkonfirmasi Covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menjaga agar terpenuhinya kebutuhan masyarakat, sehingga tetap mampu untuk beraktivitas.

"Pemulihan ekonomi daerah secara makro juga dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan peningkatan aktivitas usaha melalui bantuan kepada UMKM, relaksasi pajak daerah, rencana penerapan travel bubble, serta beberapa objek potensial di Provinsi Kepulauan Riau untuk pemulihan bidang pariwisata, lalu digesa pula peningkatan ekspor dan peningkatan investasi melalui KEK yang ada di Kepulauan Riau," jelasnya.

Pada upacara peringatan Hari Jadi Kota Otonom Tanjungpinang ke-20 ini, Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma bertindak sebagai pembina upacara. Dia mengatakan jika tema peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tahun ini adalah 'Tanjungpinang yang Harmonis, Aman, Ramah, Unggul, dan Madani' yang dapat disingkat sebagai Tanjungpinang HARUM.

"Makna dari tema tersebut ialah untuk mewujudkan sebuah kota yang maju dan berkembang diperlukan adanya suatu hubungan keterikatan yang baik sehingga menciptakan semangat gotong royong di tatanan masyarakat Tanjungpinang serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," terang Rahma.

Seiring dengan perjalanan panjang yang telah dilalui Tanjungpinang semenjak adanya Undang-undang nomor 5 tahun 2021 yang menetapkan Tanjungpinang sebagai kota otonom, terus dilakukan pembenahan dalam birokrasi dan pelayanan masyarakat sehingga kota Tanjungpinang dapat sejajar dengan kota lain di Indonesia.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Tanjungpinang di usia 20 tahunnya, antara lain Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim tingkat kota tahun 2020; Penghargaan Kota Layak Anak predikat Madya; dan Anugerah Parahita Ekapraya yang menunjukkan keberhasilan Tanjungpinang dalam penyetaraan gender.

Rahma berharap peringatan Hari Jadi Otonom Kota Tanjungpinang tidak hanya menjadi seremonial belaka, namun menjadi momentum evaluasi bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang. "Jadikan hari ini momen refleksi tentang sejauh mana penyelenggaraan otonomi daerah bermuara pada kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang," ujar Rahma.

Usai upacara Wagub Marlin bersama dengan Hj Rahma memberikan bantuan sarana bank sampah berupa timbangan, komposter, bibit maggot, dan tong air kepada berbagai penyelenggara bank sampah di Kota Tanjungpinang. Selain itu diserahkan pula bantuan sembako kepada tenaga kebersihan Kota Tanjungpinang.

Turut hadir dalam upacara tersebut Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa; Danlanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb A Donnie P; Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Fahmiron, dan Ketua Pengadilan Agama Tanjungpinang.

Editor: Gokli