Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPKM Dievaluasi Pekan Depan, Satgas: Kita Berharap Kepri Turun ke Level 2
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-09-2021 | 09:08 WIB
Reagen-PCR1.jpg Honda-Batam
Tjetjep Yudiana, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kepri. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) akan kembali dievaluasi pada 20 September mendatang. Provinsi Kepri berharap dapat turun ke level 2. Apalagi asesmen grafik di Kementerian Kesehatan, menunjukan progress yang cukup baik.

"Kasus konfirmasi, pengendalian perawatan dan pengendalian kematian akibat Covid-19 dengan rasio per 100 ribu penduduk dalam satu minggu di kabupaten/kota, sesungguhnya kepri sudah mengarah ke level 1. Hanya saja masih cukup banyak yang dirawat di rumah sakit pada level 2. Maka harapan Kepri dapat turun ke level 2," ujar Tjetjep Yudiana, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, Jumat (17/8/2021) dilasir dari lama Diskominfo Kepri.

Berdasarkan grafik asesmen di Kementerian Kesehatan, situasi Covid-19 di Kepri mulai membaik. Konfirmasi dan kematian berada pada Tk 1. Hanya saja masih banyak kasus rawat inap di rumah sakit, yang berada pada Tk 2.

Periode 10 hingga 16 September, data Bed Occupancy Ratio (BOR) berada di angka 9,18 persen. Keterisian tempat tidur di rumah sakit untuk Covid-19 ini terus turun semenjak diberlakukan PPKM. Disamping itu kini zonasi Covid-19 di kabupaten dan kota sudah berubah secara signifikan.

Enam kabupaten dan kota di Kepri sudah berada pada zona kuning. Karimun dan Natuna yang sebelumnya berada di zona orange, menyusul turun ke zona kuning. Menyisakan Tanjungpinang sebagai satu-satunya daerah di Kepri yang masih di zona orange.

Menjelang berakhirnya PPKM pada 20 September mendatang, Kepri akan terus berusaha menekan laju Covid-19. "Insha Allah semoga dalam tiga hari kasus dapat terkendali," tambah Tjetjep.

Disamping itu Kepri terus menggesa vaksinasi hingga 100 persen. Berdasarkan data di Kemenkes, vaksin dosis 1 di Kepri sudah mencapai 80,51 persen. Sedangkan dosis 2 mencapai 39,15 persen. Kepri berada di posisi ketiga capaian vaksin di seluruh Indonesia. Berada di bawag DKI Jakarta dan Bali.

Kini Pemprov Kepri sedang merancang untuk menggunakan aplikasi peduli lindungi, dalam setiap aktivitas masyarakat. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi peduli lindungi. Aplikasi ini lengkap, mulai dari untuk mendaftar vaksinasi, sertifikat vaksinasi, mengisi data perjalanan, hingga riwayat perjalanan.

Editor: Yudha