Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaga Ketahanan Pangan Nasional, DPD RI Minta Pemerintah Perkuat Tanaman Sorgum
Oleh : Irawan
Senin | 30-08-2021 | 08:36 WIB
LaNyalla_sorgumb.jpg Honda-Batam
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti menamam Sorgum di Kebun Manek Pa'da Termanu di Rote Ndao, NTT (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Rote Ndao - Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (28/8/2021), Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, sempat mengunjungi Kebun Manek Pa'da Termanu di Holly Farm.

Ditemani Raja Termanu, Vicoas Trisula Pati Amalo, beserta permaisuri, Actry Mevi Amalo, kerabat kerajaan lain, juga para senator seperti Senator asal Lampung Bustami Zainuddin, Senator Sulawesi Selatan Andi Muh Ihsan, Senator NTT Angelius Wake Kako, LaNyalla melakukan penanaman sorgum.

Menurut LaNyalla, penanaman sekaligus budidaya sorgum adalah langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan pangan.

"Indonesia ini kaya akan pangan lokal. Ada jagung, umbi-umbian, sagu, termasuk juga sorgum yang di tanam di Holy Farm. Sorgum adalah makanan alternatif pengganti beras yang bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Rote Ndao," katanya.

Kegiatan menanam sorgum dilakukan LaNyalla sebelum mengunjungi Uma Batu Kerajaan Termanu Rote Ndao.

"Kekayaan kita harus dilengkapi. Jadi, bukan hanya budaya dan adat istiadat yang arus kita lestarikan. Makanan lokal pun harus ditingkatkan," katanya.

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, dengan mengkonsumsi makanan lokal, petani pun akan terbantu.

"Semakin banyak kita mengkonsumsi pangan lokal, maka semakin sejahtera petani kita. Ini yang diharapkan dari pertanian," katanya.

Sorgum sendiri adalah biji-bijian sereal yang bentuk tanamannya tinggi seperti jagung.

Selain untuk dikonsumsi, Sorgum juga dikenal sebagai bahan pembuat sirup. Namun, sorgum juga bisa dijadikan tepung sebagai pengganti tepung gandum.

Selain itu, sorgum juga bisa dimasak begitu saja layaknya beras. Dapat dijadikan nasi goreng sorgum, bubur, maupun sup. Ada juga waffle, kukis, dan roti tawar dari sorgum.

Editor: Surya