Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD-EF Tambah Tempat Tidur Jadi 73 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 22-07-2021 | 12:39 WIB
RSUD-Embung-Fatimah13.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF). (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tingginya jumlah kasus terkonfimasi positif Covid-19 yang dirawat membuat pihak Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) menambah dua ruang perawatan.

Sebelumnya RSUD-EF telah menjadikan ruangan rawat inap m Tulip, Teratai, Anyelir dan Flamboyan sebagai ruang perawat pasien Covid-19. Kini kembali ditambah dua ruang yaitu ruangan Anggrek dan Mawar.

Dua ruangan ini semulanya adalah ruangan rawat inap, sehingga total ruangan rawat inap yang dibuka untuk penangan pasien Covid-19 jadi enam.

"Kita juga punya gedung Tun Sendari Terpadu (gedung yang khusus menangani Pasien Covid-19)," ujar Wadir Pelayanan Medik RSUD Sri Rupiati, Kamis (22/7/2021).

Dengan penambahan dua ruangan rawat inap menjadi ruang pasien Covid-19, total tempat tidur untuk pasien Covid-19 mencapai 189 tempat tidur atau sekitar 73 persen dari total tempat tidur yang ada. Artinya pelayanan pasien umum dikurangin menjadi sekitar 27 persen saja.

"Secara umumkan (nasional) semua rumah sakit harus 50 persen (kuota layanan pasien Covid-19), tapi RSUD kan rumah sakit pemerintah jadi harus lebih, 73 persen kita naikan," tegasnya.

Untuk tenaga medis sebelumnya Direktur RSUD Embung Fatimah Batam Ani Dewiyana menuturkan tidak ada kendala, sebab masih bisa diatasi dengan sistem shift.

Editor: Yudha