Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan Zona Merah Covid-19, Apri-Roby Perketat PPKM Mikro
Oleh : Harjo
Senin | 28-06-2021 | 12:41 WIB
PPKM-mikro-kawal1.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan tinjau posko PPKM Mikro di Kampung Watobi Kawal. (Harjo/BTD)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Menindaklanjuti status Kabupaten Bintan yang saat ini berada dalam zona merah Covid-19, Bupati Bintan, Bupati Apri Sujadi bersama wakilnya Roby Kurniawan, mengunjungi pelaksanaan PPKM Mikro di Kampung Wakatobi, Kawal belum lama ini.

Dalam kesempatan tersebut, Apri Sujadi menyampaikan bahwa dia akan lebih rutin untuk turun meninjau langsung Posko PPKM Mikro, hingga ke tingkat level RT dan RW.

Langkah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga ke level RT dan RW tersebut, harus dilakukan sebagai salah satu langkah dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

"Kita sudah buatkan edarannya. Kabupaten Bintan saat ini dikategorikan ke dalam zona merah di Provinsi Kepri. Maka harus ada upaya agar keluar dari zona merah tersebut hingga ke level terbawah. Khusus di Kampung Wakatobi ini sudah ada 8 rumah dengan jumlah kasus hingga 24 orang dalam satu RT, mau tidak mau harus ada upaya konkrit khususnya dilevel RT, " ujarnya.

Apri Sujadi kepada jajaran setingkat RT dan RW, berpesan untuk bersinergi dengan pemerintahan, dimana apabila ada kasus minimal 6 rumah dalam satu RT di kampung tersebut yang sudah terkonfirmasi positif Covid 19, maka sudah tergolong kasus yang harus diwaspadai di lokasi tersebut.

"Secara keseluruhan saat ini, untuk kegiatan kemasyarakatan yang sifatnya kumpul-kumpul seperti pesta, hendaknya dapat ditunda terlebih dahulu selagi Bintan berada dalam zona merah," tegasnya.

Terkait warga yang terkena kasus positif isolasi mandiri, dia meminta agar peran RT dan RW dapat berkoordinasi ke pemerintahan daerah setempat, dalam penanganan kebutuhan kecukupan Sembako sehingga warga tersebut tidak perlu lagi keluar rumah.

"Kita juga minta perhatian dan koordinasi RT dan RW bersama perangkat daerah untuk ikut mengedukasi dan mensosialisasikan ke masyarakat, atas pentingnya protokol kesehatan. Kita targetkan Kabupaten Bintan tidak berada lama dalam status zona merah," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Atasuyasa, Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono, Kadinkes Bintan, dr Gama Isnaeni, BPBD Bintan, Ramlah dan unsur Satgas Covid 19 Kab Bintan lainnya.

Editor: Yudha