Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak PNS di Tanjungpinang yang Konsumsi Narkoba
Oleh : Charles/Dodo
Kamis | 21-06-2012 | 18:03 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kalangan PNS di Kota Tanjungpinang banyak yang positif mengonsumsi narkotika. Hal itu diketahui berdasarkan tes urine yang dilakukan BNN terhadap 80 orang PNS Kota Tanjungpinang sebagai sampel, yang dilangsungkan di Senggarang, Kamis (21/6/2012).

Kepala BNN Tanjungpinang AKBP M. Yani mengatakan kendati memang hasil tes urine yang dilakukan bukan untuk dipublikasikan, namun dia tidak menampik kalau dari berdasarkan hasil tes tersebut sejumlah PNS ada yang positif menggunakan narkoba. 

"Tujuan kami melaksanakan tidak dalam proses hukum, tetapi ke  pencegahan dan pengobatan agar korban-korban dari Narkoba ini dapat direhabilitasi," ujarnya.

Yani juga mengatakan, dari fakta ini menyatakan kalau narkoba bukan hanya di kalangan luar dan tempat hiburan, tetapi sudah merambah sampai ke kalangan birokrasi pemerintahan. 

Dari pelaksanaan tes urine ini, tambah Yani akan ditindaklanjuti dan dikoordinasi dengan unsur pimpinan daerah, apakah yang bersangkutan akan diobati atau dilakukan rehabilitasi dengan melihat dari berat ringannya kondisi dan situasi yang bersangkutan. 

"Program tes urine ini akan terus kami tindaklanjuti hingga ke tingkat SKPD, dan sekolah. Kami juga akan memberikan sertifikat pada sekolah yang bebas Narkoba," sebutnya.

Di tempat terpisah, berdasarkan informasi yang diperoleh batamtoday, dari tes urine yang dilakukan BNN ini, juga ditemukan pegawai Bapeko Tanjungpinang yang yang urine-nya dinyatakan positif mengandung narkoba.