Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala Eksekutif Grup Qatar Airways Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengurus Oneworld
Oleh : Redaksi
Senin | 24-05-2021 | 17:45 WIB
Mr-Akbar-Al-Baker.jpg Honda-Batam
Mr Akbar Al Baker. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Doha - Dewan Pengurus aliansi maskapai penerbangan global, Oneworld telah menunjuk Ketua Eksekutif Grup Qatar Airways, Mr Akbar Al Baker untuk menjabat sebagai ketuanya. Mr Al Baker akan menggantikan Ketua Dewan Pengurus Oneworld saat ini, Mr Alan Joyce, CEO Grup Qantas Group.

Sebagai Ketua Dewan Pengurus Oneworld, Mr Al Baker akan mengawasi tata kelola aliansi, memimpin rapat Dewan Pengurus Oneworld, dan bekerjasama dengan CEO Oneworld Rob Gurney dan tim manajemen aliansi.

"Saat kita keluar dari beberapa masa paling menantang yang pernah dihadapi industri penerbangan global, saya merasa terhormat dipilih oleh sesama anggota dewan untuk memimpin Dewan Pengurus untuk Oneworld, aliansi yang terus berkembang sejak Covid-19 muncul, dengan penambahan dua anggota baru di Alaska Airlines dan Royal Air Maroc," kata Mr Akbar Al Baker, dalam siaran pers yang diterima Redaksi BATAMTODAY.COM, Senin (24/5/2021).

"Saya juga bangga memimpin aliansi yang telah menetapkan tolok ukur untuk inovasi, keselamatan, dan layanan pelanggan selama pandemi dengan banyak anggota, termasuk Qatar Airways, yang memimpin uji coba paspor kesehatan digital. Qatar Airways juga telah meningkatkan hubungan bilateral dengan sesama anggota oneworld dalam 18 bulan terakhir, semakin menunjukkan kekuatan kemitraan antara maskapai anggota," sambungnya.

"Peran penting yang dimainkan maskapai penerbangan dan penerbangan dalam ekonomi global tidak pernah lebih jelas dari tahun lalu, dengan baik operasi penumpang dan kargo menjadi sorotan, mendukung upaya internasional untuk melindungi kehidupan dan mata pencaharian. Kami telah secara kolektif mengaktifkan mobilisasi bantuan, medis persediaan dan pekerja kunci dan saya ingin memberikan penghormatan kepada semua tim yang telah bekerja tanpa lelah di seluruh maskapai penerbangan anggota oneworld untuk mendukung upaya ini."

"Saya berharap dapat menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus dan bekerja dengan mitra aliansi kami, CEO oneworld Rob Gurney dan tim oneworld untuk menyediakan konektivitas yang lebih global, pengalaman perjalanan yang mulus, dan penawaran loyalitas yang lebih berharga bagi penumpang kami."

Setelah memimpin Qatar Airways sejak diluncurkan pada tahun 1997, Mr Al Baker adalah CEO terlama dari maskapai anggota Oneworld. Di bawah kepemimpinannya, Qatar Airways telah tumbuh menjadi salah satu maskapai penerbangan paling bergengsi di dunia dengan jaringan global yang luas, dengan rencana untuk melayani lebih dari 140 tujuan pada akhir Juli 2021. Qatar Airways menjadi anggota oneworld pada Oktober 2013.

Seorang tokoh berpengaruh dalam industri penerbangan global, Mr Al Baker menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) dari Juni 2018 hingga Juni 2019. Ia telah menjabat sebagai Dewan Gubernur IATA sejak tahun 2012.

Ia juga seorang anggota Komite Eksekutif Organisasi Pengangkut Udara Arab dan Direktur non-eksekutif Heathrow Airport Holdings. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pariwisata Nasional Qatar.

Dewan Pengurus oneworld terdiri dari CEO dari semua maskapai anggota aliansi - Alaska Airlines, American Airlines, British Airways, Cathay Pacific Airways, Finnair, Iberia, Japan Airlines, Malaysia Airlines, Qantas, Royal Air Maroc, Royal Jordanian, S7 Airlines dan SriLankan Airlines, bersama Qatar Airways.

Saat para pelancong kembali ke langit dengan Qatar Airways, mereka dapat merasa nyaman karena mengetahui bahwa mereka bepergian dengan satu-satunya maskapai penerbangan di dunia yang, bersama dengan hub global mutakhirnya, Bandara Internasional Hamad, meraih empat bintang 5 Peringkat Skytrax - termasuk Peringkat Maskapai Bintang 5 yang bergengsi, Peringkat Bandara Bintang 5, Peringkat Keselamatan Maskapai Covid-19 Bintang 5, dan Peringkat Keselamatan Bandara Covid-19 Bintang 5.

Prestasi ini menegaskan komitmen Qatar Airways untuk menyediakan penumpang sebuah pengalaman industri terkemuka di setiap titik perjalanan mereka, termasuk tingkat standar kesehatan dan keselamatan setinggi mungkin yang menjaga kesejahteraan penumpang kami baik di darat maupun di udara.

Maskapai peraih banyak penghargaan, Qatar Airways dinobatkan sebagai 'Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia' oleh Penghargaan Maskapai Dunia 2019, yang dikelola oleh organisasi pemeringkat transportasi udara internasional Skytrax.

Maskapai ini juga dinobatkan sebagai 'Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah', 'Bisnis Terbaik Kelas Dunia', dan 'Kursi Kelas Bisnis Terbaik', sebagai pengakuan atas pengalaman inovatif Kelas Bisnisnya, Qsuite. Qsuite tersedia untuk penerbangan ke lebih dari 40 tujuan termasuk Casablanca, New York, Paris dan Singapura.

Editor: Gokli