Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerupuk Udang Kara

BC Fasilitasi Ekspor Perdana Produk UMKM Karimun ke Singapura
Oleh : Freddy
Senin | 17-05-2021 | 17:52 WIB
udang-kara.jpg Honda-Batam
Pelepasan ekspor perdana kerupuk udang kara dari Karimun ke Singapura, Senin (17/5/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Karimun yang memproduksi kerupuk udang kara, mulai melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

Terbukti, UMKM yang memproduksi kerupuk udang kara itu, telah melakukan ekspor perdana ke Singapura, Senin (17/5/2021). Acara pelepasan produk ekspor ini berlangsung di Kantor Bantuan Pelayanan Bea Cukai Moro, Karimun, sebagai upaya mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Sekda Karimun, Dr Muhammad Firmansyah mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 beberapa sektor termasuk sektor ekonomi, mengalami perlambatan. Dengan adanya pelepasan ekspor produk UMKM ini diharapkan akan mampu memberikan akselerasi pemulihan ekonomi dalam menghadapi Covid-19.

"Mari saling bersinergi, peduli dan saling bahu-membahu untuk memajukan perekonomian maupun mengatasi masalah kesehatan," kata Muhammad Firmansyah.

Sedangkan Kepala KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun, Agung Marhaendra menyampaikan, pihaknya bersinergi dengan Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau secara aktif menggali potensi ekspor di Kabupaten Karimun dan sekaligus memberikan kemudahan serta asistensi ekspor kepada UMKM yang memiliki potensi (klinik ekspor).

"Secara rutin memberikan sosialisasi mengenai ekspor kepada calon eksportir baru sebagai bentuk dukungan," ucap dia.

Hadir dalam acara pelepasan ekspor perdana kerupuk udang kara ke Singapura, yakni Kadis Perdagangan UKM, Koperasi dan ESDM Karimun, Moch Yosli; Camat Moro, Khaidir; Perwakilan Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau; Perwakilan Koramil Moro; Perwakilan Polsek Moro; Perwakilan Syahbandar Moro; Perwakilan Karantina Ikan wilayah kerja KIPM Karimun dan perwakilan pengawasan sumber daya daya laut dan perikanan.

Editor: Gokli