Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prancis-Belanda Terpuruk di Klasemen Kualifikasi Piala Dunia
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-03-2021 | 09:12 WIB
belanda-turki1.jpg Honda-Batam
Belanda kalah 2-4 dari Turki. (Pool via REUTERS/MURAD SEZER)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Prancis dan Belanda terpuruk usai pertandingan pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar Kamis (25/3/2021) dini hari waktu Indonesia.

Tuan rumah Prancis gagal meraih kemenangan usai ditahan imbang Ukraina 1-1 pada laga Grup D di Stade de France.

Les Bleus unggul lebih dahulu berkat gol spektakuler Antoine Griezmann di menit ke-19. Tendangan kaki kiri Griezmann mengarah ke sudut kanan gawang Ukraina yang dijaga George Buschan.

Akan tetapi, upaya Prancis meraih kemenangan pupus setelah bek Presnel Kimpembe mencetak gol bunuh diri di menit ke-57. Sepakan Serhiy Sydorchuk membentur Kimpembe yang mengubah arah bola masuk ke gawang Hugo Lloris.

Dengan hasil imbang itu, juara Piala Dunia 2018 tersebut kini menempati peringkat keempat klasemen Grup D dengan raihan satu poin.

Pemuncak klasemen Grup D ditempati Bosnia dan Herzegovina diikuti Finlandia dan Ukraina di tiga besar. Juru kunci Grup D jadi milik Kazakhstan yang belum melakoni pertandingan.

Nasib serupa dialami timnas Belanda yang kalah 2-4 dari Turki di Stadion Ataturk pada pertandingan di Grup G.

Gol-gol Turki yang dicetak Burak Yilmaz lewat catatan hattrick dan Hakan Calhanoglu hanya bisa dibalas gol Davy Klaassen serta Luuk de Jong.

Memphis Depay memiliki kesempatan memperkecil skor bagi Belanda. Akan tetapi, tendangan penalti bintang Olympiaque Lyon itu pada menit ke-90+5 bisa digagalkan kiper Ugurcan Cakir.

Kekalahan Belanda dari Turki tersebut membuat Tim Oranye menempati peringkat kelima klasemen di Grup G. Untuk saat ini, Belanda kalah bersaing dengan Norwegia, Turki, Montenegro, dan Latvia.

Timnas Belanda hanya unggul selisih gol atas Gibraltar yang kalah 0-3 dari Norwegia. Gibraltar di posisi juru kunci sedangkan Norwgia menjadi pemuncak klasemen Grup G.

Pada pertandingan lain, Portugal yang menang tipis 1-0 atas Azerbaijan menempati posisi kedua klasemen Grup A di bawah Serbia yang menang 3-2 atas Irlandia.

Republik Ceko menjadi pemuncak klasemen Grup E setelah menang telak 6-2 atas Estonia di Stadion Arena Lublin. Sementara, Belgia yang menang 3-1 atas Wales di posisi kedua.

Timnas Rusia juga di posisi teratas klasemen Grup H setelah mengalahkan Malta 3-1. Slovenia membuntuti Rusia dengan di posisi kedua setelah menang tipis 1-0 atas Kroasia.

Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022:
Grup A
1. Serbia 3
2. Portugal 3
3. Luksemburg 0
4. Irlandia 0
5. Azerbaijan 0

Grup D
1. Bosnia 1
2. Finlandia 1
3. Ukraina 1
4. Prancis 1
5. Kazakhstan 0

Grup E
1. Rep Ceko 3
2. Belgia 3
3. Belarusia 0
4. Wales 0
5. Estonia 0

Grup G
1. Norwegia 3
2. Turki 3
3. Montenegro 3
4. Latvia 0
5. Belanda 0
6. Gibraltar

Grup H
1. Rusia 3
2. Slovenia 3
3. Siprus 1
4. Slovakia 1
5. Kroasia 0
6. Malta 0

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha