Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkeu Sri Mulyani Optimis BLE Jadi Angin Segar bagi Investasi di Indonesia
Oleh : Putra Gema
Kamis | 18-03-2021 | 18:22 WIB
menkeu-sri-BLE.jpg Honda-Batam
Menkeu Sri Mulyani saat peluncuran BLE di Kota Batam, Kamis (18/3/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Keuangan, Sri Mulyani melakukan kunjungan kerja pertama keluar daerah setelah setahun dihantam pandemi Covid-19.

Sri Mulyani memilih Kota Batam sebagai daerah pertama yang dikunjunginya, setelah melakukan kegiatan hanya di Jakarta selama diterpa pandemi setahun terakhir.

Alasan dirinya memilih Kota Batam dalam kunjungan kerja pertamanya untuk meresmikan platfrom Batam Logistic Ecosystem (BLE) yang digelar di lantai 3 Gedung BP Batam.

"Hal ini penting, selain Kota Batam dijadikan pilot project ecosystem logistic, Kota Batam juga merupakan daerah terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga. Kesuksesan platfrom BLE ini nantinya akan membawa angin segar investasi ke Indonesia. Maka dari itu saya langsung turun ke Batam untuk meresmikan BLE setelah satu tahun hanya berada di Jakarta karena pandemi," kata Sri Mulyani, Kamis (18/3/2021).

Lanjut Sri Mulyani, dipilihnya Kota Batam sebagai pilot project platfrom BLE dikarenakan Batam memiliki pelabuhan, Bandara hingga pergudangan. Namun belum dikelola secara terintegrasi, efektif dan efisien.

"Platfrom BLE ini akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya, sekaligus memberikan transparansi investasi di Batam," ujarnya.

Sistem BLE yang mudah, murah, nyaman, aman, lanjut Sri Mulyani akan memberikan kepastian usaha di Kota Batam, Kepulauan Riau. "Dari sisi pemerintahan, BLE ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan secara langsung. Mulai dari validitas dan akurasi data serta menghilangkan redudansi dan duplikasi data. Sementara disisi pelaku usaha, juga memiliki manfaat. Diantaranya meningkatkan kecepatan pelayanan sehingga bisa menurunkan biaya dalam pengurusan ekspor-impor yang mendukung investasi," lanjutnya.

Hal ini dianggap penting dan akan memiliki keuntungan dari dua sisi, di mana ini semua ditujukan untuk kemajuan daerah dan khususnya Indonesia.

Editor: Gokli