Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ikuti dan Saksikan Event MB2 Bike Race Festival Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 10-02-2021 | 11:48 WIB
MB2-Event1.jpg Honda-Batam
Event MB2 Bike Race Festival Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Batam Grafity resmi meluncurkan event MB2 Bike Race Festival yang akan dilaksanakan pada 22 Maret - 28 Maret 2021 mendatang di Mall MB2, Batam Kota.

Djohan Effendi, perwakilan Komunitas Batam Grafity mengatakan, Festival ini dilaksanakan sebagai ajang mencari bibit muda atlit bersepeda untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional.

"MB2 Bike Festival merupakan ide awalnya adalah menciptakan balap sepeda ekstrim yang biasa digelar out door dibawa ke urban untuk menggaet kalangan penggemar sepeda perkotaan," katanya Rabu (10/2/2021).

Konsepnya, kata dia, untuk meningkatkan minat pesepeda bergendre ekstrim downhill dengan trek yang sangat menantang di tengah Kota.

Landasan berupa pavling block dengan pengaman khusus, akan dikemas dengan sporting event melalui konsep berbeda dari fun bike pada umumnya.

Menurut Djohan, trek yang akan disediakan juga terbilang sangat menantang. Dalam festival tersebut panitia juga tidak hanya menggelar event bersepeda, melainkan banyak rangkaian kegiatan yang akan memanjakan para pengunjung mall MB2 nantinya.

"Selama 4 hari akan dilaksanakan event tersebut, yang akan menggunakan rute dilapangan parkir pusat perbelanjaan yang ada di Kota Batam.

Panitia juga akan menyediakan 6 sampai 8 trak teknikal, sebelum balapan sepeda dimulai, setiap peserta akan melelui mandotaris traking," ujarnya.

Kualifikasi run juga dilakukan untuk mencari bakat muda dan tahap kualifikasi setiap kelasnya akan sangat kompetitif, dengan katagori Master A 15-38 Tahun. Master B 38-45 Tahun, Master C 45 Tahun ke Atas.

"Event ini akan beda pada kegiatan pesepeda pada umumnya, lantaran event akan dilaksanakan pada sore hari, peserta juga akan mendapat hadiah bila melewati setiap pos disetiap rutenya," kata Djohan.

Bike comodity race juga akan diadakan event bagi pecinta speda lipat. Rute setiap peserta juga akan sangat menantang, disamping itu panitia juga menyediakan Store spher part sepeda. Setiap pelaksanaan kegiatan ini tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Merangkul UMKM dengan food festival agar mengikuti setiap even, bagi pecinta Coffee panitia juga akan menggelar coffee eksibition guna melahirkan barista handal Kota Batam," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepri Bulalimar menyambut baik rencana event tersebut. Menurut dia event seperti ini untuk menggait wisatawan domestik datang agar meningkatkan roda perekonomian daerah ditengah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan yang diinisiasikan oleh kaula muda perlu dukungan pemerintah daerah supaya dapat meningkatkan produktivitas dan kreatifitas anak muda disetiap bidang. Dalam hal ini, pemerintah wajib hadir memberi dukungan atau pembinaan," ujarnya.

Editor: Yudha