Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nakes Terpapar Covid-19, IGD RSUD Embung Fatimah Batam Masih Tutup
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 23-11-2020 | 14:52 WIB
IGD-RSUDEF11.jpg Honda-Batam
Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah Batam. (Foto: Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) Kota Batam masih belum melayani masyarakat karena masih tutup untuk sementara waktu.

Kebijakan itu diambil setelah terpaparnya tenaga kesehatan dilingkungan RSUD-EF khusus bagian IGD yang terkonfimasi positif sebanyak 5 orang terdiri dari 1 dokter, 1 petugas apotik dan 3 perawat. Penutupan pelayanan kesehatan itu terhitung sejak 17 November 2020 hingga saat ini.

"IGD RSUD belum bisa memberi layanan kepada masyarakat sampai saat ini,” ujar Humas RSUD Novi, Senin (23/11/2020).

BACA JUGA: Lima Nakes Terpapar Covid-19, Ruang IGD RSUD Embung Fatimah Batam Ditutup Lagi

Dia mengakui, setelah lima orang terkonfimasi positif seluruh Nakes yang berkontak erat dengan terkonfimasi positif langsung dilakukan tes swab dan diisolasi di rumahnya masing-masing. Hasil dari tracing dilingkungan RSUD terdapat penambahan sebanyak 22 Nakes yang terkonfimasi positif.

"Sampai saat ini ada 27 Nakes yang terkonfimasi positif Covid-19. Apabila setelah dievaluasi dinyatakan aman, maka kami akan membuka kembali IGD dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Dengan ditutupnya pelayanan IGD, secara otomatis pelayanan kepada masyarakat akan dialihkan ke rumah sakit terdekat.

Novi juga meminta kepada masyarakat untuk mendoakan yang terbaik kepada Nakes yang terkonfimasi positif maupun yang menjalankan tugas di dibeberapa rumah sakit di Batam.

"Doakan Nakes agar dapat sembuh dan dapat memberikan pelayanan kembali," pungkasnya.

Editor: Saibansah Dardani