Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cek Bagian Mobil Ini Sebelum Bepergian di Musim Hujan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-10-2020 | 09:36 WIB
wiper13.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hujan mulai rutin mengguyur Kota Batam. Pada situasi ini penting bagi pemilik mobil melakukan persiapan dengan mengecek sejumlah komponen kendaraan.

Pengecekan penting dilakukan agar perjalanan menggunakan mobil dalam keseharian tidak mengalami kendala saat hujan turun. Berikut ulasannya.

Saat musim kemarau, keberadaan wiper sering luput dari perhatian. Suhu panas akibat sinar matahari dapat membuat bagian karet wiper pecah-pecah dan getas.

Bila sudah begini, saat ingin digunakan di musim hujan, performa wiper untuk menyapu air sudah tidak maksimal.

Untuk itu, kita perlu mengecek komponen ini. Apabila karet wiper sudah tidak dalam kondisi yang bagus sebaiknya segera diganti sebab berisiko membaret kaca mobil.

Lakukan juga perawatan pada penyimpanan air dan penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lain.

1.Ban
Genangan air di jalan karena hujan bisa menyebabkan aquaplaning, yaitu kondisi mobil terangkat dari permukaan jalan karena lapisan air. Saat terjadi ban bisa kehilangan traksi dan membuat mobil sulit dikendalikan misalnya seakan melayang-layang.

Buat mencegah kejadian itu yang bisa dilakukan selain mengurangi kecepatan saat melewati genangan, yakni dengan memastikan kondisi ban masih ideal sebelum digunakan. Ban ideal memiliki motif bergaris dengan jarak optimal, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang.

Pola bergaris tersebut memiliki daya cengkram optimal, yang berguna memecah air saat melintasi genangan air di jalan. Jadi sebaiknya jika ban sudah botak segera diganti baru.

2. Rem
Rem sebetulnya tidak hanya harus dicek saat musim hujan saja, melainkan rutin secara berkala. Misalnya pengecekan kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak. Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, jika terdengar bunyi decitan dari bagian rem, kemungkinan besar kampas rem mobil sudah tipis sehingga terdengar bunyi gesekan antara dua logam.

Lalu, kampas rem yang habis juga dapat terdeteksi ketika sedang menginjak pedal rem. Biasanya, pada saat melakukan pengereman, pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari sebelumnya.

Cara selanjutnya adalah dengan melihat ketinggian cairan rem. Pada tabung penyimpanan cairan rem akan terlihat kondisi ideal volumenya.

Apabila volume cairan rem di bawah garis normal, ada baiknya kita mengecek kondisi kampas rem, karena kampas rem yang tipis dapat menyebabkan volume minyak rem berkurang.

Terakhir, kita dapat bisa periksa langsung kampas rem mobil dengan cara melepas bagian roda untuk memastikan ketebalannya.

3. Sistem kelistrikan
Kelistrikan merupakan sistem yang sensitif jika terkena air. Sebab itu untuk mencegah korsleting sebaiknya cek kabel-kabel. Apabila ada kabel yang terkelupas, sudah seharusnya dibenahi.

4. Karet Pintu
Karet-karet mobil di bagian lainnya juga perlu dilakukan pemeriksaan saat musim hujan tiba, seperti karet pada pintu mobil.

Kondisi karet pintu mobil yang sudah tidak sempurna dapat membuat air masuk ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara terganggu, demikian mengutip Seva.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha