Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Dinafkahi Suami, Ibu Lima Anak Ini Butuh Uluran Tangan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 08-09-2020 | 14:36 WIB
A-ISTRI-TAK-DINAFKAHI_jpg2.jpg Honda-Batam
Suriah dan anak-anaknya yang membutuhkan uluran tangan. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Suriah (29) warga Sekupang terpaksa harus lari dari tempat kontrakannya di daerah Tiban Kota Batam. Pasalnya, ia tak sanggup membayar uang sewa selama empat bulan.

Tidak hanya lari dari kontrakan, Suriah juga terpaksa harus meninggalkan suaminya Rahmad (28) karena sudah tidak dinafkahi. Ia pun tak tahu di mana suaminya itu sekarang berada.

Kini, Suriah tinggal di kontrakan Ruli Seibinti RT002/RW16, Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji, bersama keempat enaknya masing-masing Abulatif (5), Zia Kalida (3), Bunga (1,8) bulan dan Rizky (9) bulan.

“Anak pertama kami Winbal (7) sekarang diasuh sama kerabat di Piayu, karena sudah sekolah kelas 2 SD, jadi saya bingung mengurusnya seperti apa. Untuknya ada yang mau ngasuh,” kata Suriah saat ditemui di kediamannya Selasa (08/09/2020).

Saat ini hidup Suriah bergantung dari uluran tangan tetangga, kerabat dan saudara dalam menghidupi keempat anaknya yang masih berusia balita. Bahkan anak keempat berjenis kelamin perempuan, terpaksa tidak diberikan susu sejak usianya menginjak 9 bulan.

“Anak saya ke empat memiliki kelainan (bibir sumbing) karena kurang gizi dalam kandungan. Karena tidak memiliki uang, sejak 9 bulan terpaksa harus dikasih air gula,” katanya.

Tidak hanya terjadi pada anak keempat, anak terakhir atau bungsu juga mengalami hal serupa. “Kalau ada rezeki beli susu, kalau tidak ada terpaksa harus kasih air gula,” aku Suriah.

Ia mengaku, sejak tinggal dua minggu di Ruli Seibinti sudah ada bantuan datang dari berbagai pihak tidak terkecuali Kelurahan Tanjunguncang. Ia berharap ke dapan dapat berkerja kembali dalam menghidupi keempat anaknya.

“Sekarang suami tidak tahu keberadaaanya di mana. Saya berharap bisa berkerja dan bisa mendapatkan hidupkan yang layak,” tutupnya.

Lurah Tanjunguncang, Anwar Udin mengaku sudah mendatangi kediaman Suriah dan memberikan bantuan bersama Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kelurahan Tanjunguncang.

Saat ini, pihaknya sedang mengurus proses administrasi dalam pemindahan alamat tempat tinggal.

“Kita tadi malam sudah turun dan sudah memberikan bantuan. Sekarang kita bantu proses pemindahan alamat dari Kecamatan Sekupang ke Batuaji,” tutupnya.

Editor: Dardani