Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Gesekan, Polres Bintan Ungkap Kasus Pembakaran Kapal di Tambelan dengan Cara Persuasif
Oleh : Harjo
Senin | 31-08-2020 | 20:05 WIB
pendekatan-tambelan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu cara Polres Bintan lakukan pendekatan kepada warga Tambelan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polres Bintan berhasil menangkap 5 orang tersangka pembakar kapal di Tambelan, tanpa mengabikartkan gesekan antar warga.

Cara persuasif yang dikedepankan Polres Bintan pun berhasil meredam terjadinya tindakan-tindakan lain yang melanggar hukum.

Adapaun pendekatan yang dilakukan Polres Bintan kepada warga Tambelan, yakni melalui pembagian sembako, perlombaan olahraga, pembagian bendera ke nelayan dan lainnya dalam meningkatkan silaturahmi.

"Selain itu, mengajak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk sosialisasi zona tangkap," ungkap Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Agus Hasanudin, Senin (31/8/2020).

Dengan cara persuasif ini, warga Tambelan secara sadar mengajak beberapa saksi dan tersangka untuk diperiksa. Mereka, datang tanpa dilakukan penjemputan. "Masyarakat Tambelan mengapresiasi dan menerima kehadiran kepolisian dan sangat proaktif," ujarnya.

Sejauh ini, sambung Agus, dalam kasus pembakaran kapal itu, enam orang saksi dari pihak pelapor dan delapan orang saksi yang melihat kejadian sudah dimintai keterangan. "Polres Bintan sudah melakukan penangkapan dan penahanan terhadap para tersangka sejak 10 dan 11 Agustus 2020 lalu," terangnya.

Ke-5 tersangka, yakni FD, BD, JS, SD dan MN. Mereka didampingi penasehat hukum atau pengacara pada Rabu (21/8/2020).

Untuk prosesnya, penyidik sudah mengirimkan perkembangan hasil penyidikan kepada Kejaksaan Negeri Bintan, tentang penetapan para tersangka menindaklanjuti Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan(SPDP).

"Terhadap barang bukti akan diminta penetapan penyitaan ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, kemudian berkas perkara akan sesegera mungkin dikirimkan untuk tahap I," ujar Agus Hasanudin.

Editor: Gokli