Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Hari, Puluhan Kapal Ikan Vietnam Berusaha Curi Ikan di Perairan Natuna Utara
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 25-08-2020 | 18:04 WIB
peta-laut-indonesia.jpg Honda-Batam
Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan didampingi Perwakilan KRI Bung Tomo menerangkan lokasi para KIA dan landas kontinen Indonesia yang sudah disepakati antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Vietnam. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengakui hampir setiap hari puluhan KIA berbendera Vietnam, berupaya memasuki landas kontinen Indonesia.

Pasalnya, keberanian para nelayan Vietnam tersebut tinggi, akibat dikawal Kapal Cost Guard dan Kapal Perikanan Vietnam.

"Kita bisa melihat peta salinan dari radar ini, puluhan kapal nelayan Vietnam sudah mendekati landas kontinen Indonesia," kata Danlanal Tarempa, Erfan Indra Darmawan usai mendengar penjelasan dari perwakilan KRI Bung Tomo 357, Selasa (25/8/2020) di Pelabuhan Lanal Tarempa.

Erfan mengakui, terkadang KIA tersebut kucing-kucingan dengan petugas patroli. Hal tersebut merupakan upaya untuk menikmati hasil perikanan Indonesia yang sangat melimpah khususnya di Laut Natuna Utara.

"Mereka sering mengerjai petugas patroli. Ketika petugas patroli berkeliling, mereka (KIA) berupaya mendekati landas kontinen. Dan ketika radar kapal patroli menerima sinyal, mereka langsung kabur lagi ke wilayah mereka," jelasnya.

Erfan menambahkan, saat ini ada sekitar 4 hingga 5 unit KRI di bawah kendali Koarmada I melakukan patroli di Laut Natuna Utara. Namun, tidak semua lini bisa terawasi.

"Maka dari itu kita menambah alat teknologi untuk melakukan pengawasan, serta berharap peran nelayan Anambas dalam mengawasi aktivitas KIA tersebut. Kami harap nelayan Anambas bisa diajak kerjasama demi meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI," ucapnya.

Editor: Gokli