Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KRI Bung Tomo 357 Amankan Kapal Ikan Asing Asal Vietnam
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 25-08-2020 | 15:04 WIB
A-KRI-BUNG-TOMO_jpg2.jpg Honda-Batam
Danlanal didampingi perwakilan KRI Bung Tomo saat menerangkan kronologis penangkapan KIA Vietnam. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - KRI Bung Tomo 357 berhasil mengamankan satu kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang memasuki perairan Indonesia.

Usai dilakukan penyelidikan, kapal tersebut tidak memiliki izin untuk memasuki landas kontinen Indonesia. Dan selanjutnya, digiring ke Pelabuhan Lanal Tarempa untuk dilakukan penyelidikan lanjutan.

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, menerangkan, pengamanan KIA yang dilakukan oleh KRI merupakan bukti nyata bahwa Satuan Angkatan Laut bekerja untuk menjaga keamanan laut.

"Hari ini kita menerima limpahan penangkapan KIA berbendera Vietnam dari KRI Bung Tomo 357. Yang patut dicurigai telah melanggar pasal perikanan," kata Erfan, Selasa (25/8/2020).

Erfan menuturkan, KIA berbendera Vietnam tersebut diamankan Minggu (23/8) malam, dan berjarak 180 mil dari Tarempa. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu ikan campur yang berisi di 3 palka kapal dengan berat sekitar 1 ton.

"Selain itu, kita menahan 3 dari 12 anak buah kapal (ABK) untuk proses penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.

Erfan mengimbau nelayan agar tidak takut beraktivitas di laut. Pasalnya, KRI yang berada dibawah kendali Koarmada 1 gencar melakukan patroli di landas kontinen Indonesia.

"Kepada masyarakat khususnya nelayan, jangan takut untuk beraktivitas. Karena ada 4 hingga 5 unit KRI melakukan operasi keamanan laut. Kalau pun nelayan melihat aktivitas KiA memasuki landas kontinen, kami harap segera melapor kepada satuan TNI AL," tegasnya.

Editor: Dardani