Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Uji Swab Wali Kota Muhammad Rudi Batam Negatif
Oleh : Putra Gema
Senin | 03-08-2020 | 19:04 WIB
didi-swab1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan hasil uji swab Wali Kota Batam Muhammad Rudi sudah keluar.

Dari hasil yang diterimanya, kata Didi, orang nomor satu di Kota Batam itu tidak terindikasi Covid-19 atau negatif. "Ini baru keluar hasilnya, negatif," ujarnya, Senin (3/8/2020) sore.

Mengenai uji swab Wali Kota Batam pasca menghadiri syukuran pelantikan Gubernur Kepri Isdianto di Gedung Daerah, Tanjungpinang, sempat pro kontra di tengah masyarakat. Sebab, Muhammad Rudi sempat ogah untuk melakukan uji swab tersebut.

Sementara masyarakat, yang selalu diimbau mematuhi protokol kesehatan dan wajib swab saat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, berharap hal yang sama dilakukan Wali Kota Batam, setelah Gubernur Kepri Isdianto dinyatakan positif terkena virus corona.

Sebagai pejabat publik, tentunya masyarakat juga menginginkan contoh yang baik, bukan malah sebaliknya, bermain argumen di tengah pandemi Covid-19.

"Seharusnya Kepala Daerah bisa menjadi panutan masyarakat. Pak Rudi harus sesegera mungkin melakukan tes swab. Jangan jadi contoh buruk bagi masyarakat," kata Lamsir, Sekjen LSM Batam Monitoring, Minggu (2/8/2020).

Sebelumnya, Wali kota Batam, Muhammad Rudi mengaku sudah lakukan uji swab. Uji swab tersebut dilakukannya hari ini, Senin (3/8/2020) di kediamannya.

Rudi menjelaskan, pengambilan uji swab sudah dilakukannya tadi pagi. Hal ini dilakukannya semata-mata agar masyarakat tetap merasa aman ketika berada di dekatnya. "Saya sudah swab tadi pagi, untuk hasil belum keluar," kata Rudi di DPRD Batam, Senin (3/8/2010).

Tidak hanya itu, dirinya juga menanggapi pernyataan Humas Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri, Iskandar Zulkarnaen yang meminta agar rombongan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan uji swab setelah menghadiri kegiatan penyambutan Gubernur Kepri, Isdianto yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dalam hal ini, Muhammad Rudi menegaskan bahwa keputusan uji swab bagi rombongan Pemko Batam, merupakan hak mutlak dari dirinya sebagai Ketua Tim Gugus Tugas. "Saya Ketua Gugus Tugas Kota, Gubernur bukan di atas saya. Saya punya hak sendiri," tegasnya.

Editor: Gokli