Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Covid-19 di Batam Meningkat Tajam, Ada 48 Tambahan Pasien Positif
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 31-07-2020 | 10:12 WIB
rudi-nambah-lagi2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Walikota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali mengumumkan penambahan 48 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam. Dengan penambahan pasien ini, total pasien positif Covid-19 di Batam jadi 314 orang.

"Hari ini, sebanyak 48 orang kembali dinyatakan positif Covid-19 di Kota Batam. Dari ke-48 pasien ini, 25 orang merupakan warga Batam sementara 23 orang lainnya adalah para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Jumat (31/7/2020).

Penambahan pasien positif ini, kata Rudi, berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam dari tracing cluster serta temuan kasus baru di Kota Batam.

Adapun ke-25 warga Batam yang baru dinyatakan positif Covid-19, terangnya, terdiri dari yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 orang orang laki-laki.

Rudi menjelaskan, sehubungan dengan ditemukannya kasus baru tersebut maka pada pada tanggal 28 Juli 2020, orang-orang yang berkaitan erat dengan kasus sebelumnya dilakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Berikut riwayat ke-25 warga Batam yang baru dinyatakan positif Corona atau Covid-19 :

1. Terkonfirmasi kasus nomor 290, Tn. RFS, laki-laki, 40 tahun, anggota POLRI, beralamat di perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 282.

2. Terkonfirmasi kasus nomor 291, Tn. K, laki-laki, 56 tahun, wiraswasta, beralamat di kawasan perumahan Pondok Graha, Kelurahan Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 284.

3. Terkonfirmasi kasus nomor 292, Ny. R, perempuan, 38 tahun, Apotheker RS Bhayangkara, beralamat di perumahan Taman Raya, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berobat mandiri sehubungan dengan keluhan sedikit demam dan batuk.

4. Terkonfirmasi kasus nomor 293, Tn.IH, laki-laki, 42 Th, Pelaut/Crew , beralamat di kawasan perumahan Bukit Palem Permai Kelurahan Belian. Awalnya Ia melakukan pemeriksaan RDT untuk keperluan persyaratan penerbangan.

5. Terkonfirmasi kasus nomor 294, Ny. SS, perempuan, 47 Th, PHL Polresta Barelang, beralamat di perumahan Asrama Polisi Baloi, Kelurahan Sukajadi. Yang bersangkutan berobat mandiri sehubungan dengan keluhan sedikit demam dan batuk.

6. Terkonfirmasi kasus nomor 295, Nn. SA, perempuan, 19 tahun, mahasiswa, beralamat di perumahan Anggrek Mas 3, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 283.

7. Terkonfirmasi kasus nomor 296, Ny. H, perempuan, 42 tahun, ibu rumah tangga, beralamat di perumahan Gang Tanjung, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar. Yang bersangkutan berobat mandiri sehubungan dengan keluhan sedikit demam dan batuk.

8. Terkonfirmasi kasus nomor 297, Tn. DJ, laki-laki, 44 tahun, swasta, beralamat di Perumahan Tiban Indah, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT untuk keperluan persyaratan perjalanan.

9. Terkonfirmasi kasus nomor 298, Tn. RES, laki-laki, 32 tahun, anggota POLRI, beralamat di Perumahan Bengkong Baru, Kelurahan Bengkong Indah, Kecamatan Bengkong. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 288.

10. Terkonfirmasi kasus nomor 299, Ny. Y, perempuan, 46 tahun ibu rumah tangga (IRT), beralamat di kawasan Perumahan Anggrek Mas, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 280.

11. Terkonfirmasi kasus nomor 300, Ny. W, perempuan, 46 tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di Perumahan Anggrek Mas, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 280.

12. Terkonfirmasi kasus nomor 301, Tn, YM, laki-laki, 47 tahun, tukang kebun, beralamat di kawasan Perumahan Baloi Lebun, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 280.

13. Terkonfirmasi kasus nomor 302, Ny. MS, perempuan, 42 tahun ibu rumah tangga (IRT), beralamat di kawasan Perumahan Pondok Indah, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 280.

14. Terkonfirmasi kasus nomor 303, An. HYS, anak laki-laki, 1 tahun, belum sekolah, beralamat di kawasan perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 282.

15. Terkonfirmasi kasus nomor 304, Ny. MS, perempuan, 57 tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di Perumahan Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 282.

16. Terkonfirmasi kasus nomor. 305, An. EFS, anak laki-laki, 5 tahun, belum sekolah, beralamat di Perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 282.

17. Terkonfirmasi kasus nomor 306, Ny. S, perempuan, 37 tahun, asisiten rumah tangga (ART), beralamat di Perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 282.

18. Terkonfirmasi kasus nomor 307, Ny. EH, perempuan, 41 tahun, asisiten rumah tangga (ART), beralamat di Perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 282.

19 Terkonfirmasi kasus nomor 308, Tn. DR, laki-laki, 28 tahun, karyawan swasta, beralamat di Perumahan Tiban Koperasi, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus nomor 282.

20. Terkonfirmasi kasus nomor 309, An. JS, anak laki-laki, 3 tahun, belum sekolah, beralamat di Perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 282.

21. Terkonfirmasi kasus nomor 310, Ny. EN, perempuan, 22 tahun, IRT, beralamat di Perumahan Plamo Residen, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 282.

22. Terkonfirmasi kasus nomor 311, Tn. RHS, laki-laki, 43 tahun, Anggota POLRI, beralamat di Perumahan Plamo Residen, Kelurahan Baloi Permai, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan berkaitan dengan kasus terkonfirmasi 282.

23. Terkonfirmasi kasus nomor 312, bayi ESE, laki-laki, 1 bulan, beralamat di kawasan Perumahan Bukit Tiban Selaros, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan berobat mandiri sehubungan dengan keluhan sedikit demam dan batuk bersangkutan berobat di RS Elisabeth Lubuk Baja, sehubungan dengan keluhan batuk disertai sesak nafas.

24. Terkonfirmasi kasus nomor 313, Nn. TM, perempuan, 20 tahun, karyawan swasta, beralamat di Perumahan Bukit Palem Permai, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT untuk keperluan persyaratan pekerjaan.

25. Terkonfirmasi kasus nomor 314, Tn. HWL, laki-laki, 46 tahun, karyawan swasta , beralamat di Kawasan Industrial II, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji. Yang bersangkutan melakukan pemeriksaan RDT untuk keperluan persyaratan penerbangan.

Sementara Pekerja Migran Indonesia (PMI), lanjut Rudi, diketahui positif Covid-19 setelah rombongan mereka baru tiba dari Malaysia dan Singapura melalui Pelabuhan Fery Internasional Batam Center.

"Pada saat tiba, para PMI ini terdiri dari 54 orang. Mereka kemudian mengikuti swab test, dan hasilnya diketahui 23 dari mereka positif Covid-19. Sementara 31 orang lainnya negatif," tambahnya.

Dengan penambahan ini, Rudi pun berharap kepada seluruh masyarakat Kota Batam agar selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Demi kemaslahatan bersama, saya imbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, sehingga dapat memutus mata rantai penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha