Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Covid-19 di Batam Bertambah 4 Orang

Pegawai Bank BUMN di Kawasan Industri Mukakuning Positif Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Kamis | 23-07-2020 | 08:20 WIB
rudi-nambah-lagi1.jpg Honda-Batam
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Empat orang warga Kota Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan adanya penambahan ini, total pasien corona di Batam jadi 275 orang.

Penambahan pasien positif corona atau Covid-19 disampaikan ketua gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis, Rabu (22/7/2020) kemarin.

"Sampai saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Batam menjadi 275 orang. Penambahan ini menyusul 4 orang pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Rudi.

Keempat pasien pasitif yang baru terkonfirmasi, kata dia, semuanya berjenis kelamin perempuan, dan merupakan warga Kota Batam.

Rudi menjelaskan, pasien pertama yang dinyatakan positif adalah seorang wanita berinisial HMBr, warga perumahan New Tiban Housing, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang.

"Pasien ini merupakan karyawan di salah satu Bank BUMN di Kawasan Industri Muka Kuning. Ia dinyatakan positif Covid-19 setelah pengambilan swab test tenggorokan di RSBP yang hasilnya diperoleh Terkonfirmasi Positif," ujarnya.

Setelah positif Covid-19, kata dia, yang bersangkutan kemudian ditetapkan sebagai kasus baru nomor 272 di Batam.

Selanjutnya, pasien kedua adalah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial FH, beralamat di perumahan Persero Tanjung Sengkuang, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 273 Kota Batam.

"Pasien ini dinyatakan positif Covid-19, setelah Ia bersama kedua anak kembarnya melakukan RDT secara mandiri di klinik Husada Tama Batam untuk persyaratan penerbangan dengan hasil reaktif,"terangnya.

Berdasarkan hasil RDT, jelasnya, yang bersangkutan kemudian mendapat perawatan secara intensif oleh dokter, akhirnya ditegakkan Diagnosa Suspect Covid-19 + Pneumonia dan harus menjalani rawat inap di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

Saat dirawat, imbuhnya, yang bersangkutan kemudian mengikuti pemeriksaan swab test tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif. Ia kemudian ditempatkan di ruang perawatan isolasi atau karantina Cendana RS Elisabeth Batam Kota.

"Kemudian pasien ketiga adalah seorang Guru berinisial FK, beralamat di perumahan Gardan Raya Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 274 di Kota Batam," tambahnya.

Yang bersangkutan, lanjutnya, mengaku sebagai warga Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, namun sudah dua bulan yang lalu tinggal dan menetap di tempat anaknya guna mendampingi anaknya saat melahirkan.

Masih kata Rudi, sehubungan rencana kepulangannya ke Kota Semarang pada tanggal 20 Juli 2020 yang bersangkutan memeriksakan diri ke RS Bhayangkara Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil reaktif.


"Mengetahui hasil RDTnya reaktif, pasien ini kemudian mengikuti pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui positif Covid-19. Saat ini, ia telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang,Kota Batam," tandasnya.

Sementara pasien positif terakhir adalah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial A berusia 39 tahun, beralamat di kawasan pasar Angkasa, Lubuk Baja, Kecamatan Lubuk. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 275 di Kota Batam.

"Pasien ini awalnya datang berobat ke IGD RS Budi Kemuliaan Batam dengan Keluhan demam dan memiliki riwayat hipertensi dan badannya terasa lemas yang disertai mual dan muntah serta nafasnya terasa sesak bila beraktifitas," ungkapnya.

Selanjutnya, oleh dokter dilakukan pemeriksaan secara Intensif disertai pemeriksaan RDT dengan perolehan hasil IgG Reaktif. Sesuai dengan hasil tersebut ditegakkanlah Diagnosisnya Malaise e.c. SHF+HT+DM Type 2+Suspect Covid-19, dimana yang bersangkutan harus menjalani rawat inap dan diisolasi pada ruang Cendana Rumah Sakit Budi Kemuliaan.

"Setelah dirawat dan diambil swab test tenggorokan, ternyata yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19," timpalnya.

Walaupun kini mereka tengah menjalani proses perawatan dan karantina atau isolasi di RSKI Galang, kondisi para pasien sejauh ini dalam keadaan stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Selain mengumumkan penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Rudi juga menyampaikan kabar gembira terkait 3 pasien yang tengah menjalani perawatan telah dinyatakan sembuh oleh tim medis.

"Ketiga Pasien yang telah sembuh adalah warga Kota Batam dari terkonfirmasi positif Nomor 252, 253 dan 254 yang saat ini dalam perawatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha