Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadapi Tatanan Kehidupan Baru

Warga Pesona Mantang Gotong Royong Bersihkan Lingkungan
Oleh : Romi
Minggu | 07-06-2020 | 19:04 WIB
pesona_warga_kerjabakti.jpg Honda-Batam
Gotong rorong warga kelurahan Tanjungbutung, Bengkong bersihkan lingkungan tempat tinggalnya (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menghadapi tatanan hidup baru atau new normal, warga Kelurahan Tanjungbuntung, Bengkong, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Tidak terkecuali juga warga RW 15 Pesona Mantang. Warga diarahkan untuk membersihkan lingkungannya, demi menghindari penyakit, terutama wabah corona yang saat ini masih belum ditemukan vaksinnya.

Seeprti yang dilakukan warga RT 02 RW 15 Pesona Mantang, sejak Minggu (7/6/2020) pagi hingga siang, warga secara bersama-sama membersihkan lingkungan, terutama memangkas dahan pohon yang mengarah ke jalan.

Tujuannya, agar pengguna jalan tidak terganggu karena dahan pohon, serta menjaga agar bisa melihat pengendara dari arah berlawanan saat melaju di jalan tersebut.

Ketua RW 15, Refnil Efendi, di lokasi menyebutkan, kegiatan ini dilakukan setiap RT yang ada di Tanjungbuntung. Warga, tetap harus mengedepankan protokol kesehatan saat melakukan gotong royong.

"Ini adalah kegiatan pertama setelah beberapa bulan warga diimbau tidak beraktivitas di luar rumah karena corona. Warga tetap harus menggunakan masker untuk menjaga dan memutus penyebaran coron," ujar Refnil.

Dilanjutkan, di RW 15, terdapat 4 RT, dan semua warga bergotong royong membersihkan lingkungannya, baik di rumah masing-masing maupung fasilitas umum.

"Saat ini kita akan menghadapi new normal, dan diharapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga kesehatan," harapnya.

Sementara Ketua RT 02, Yalik Iswahyudi, menambahkan, selain untuk menjaga kebersihan, gotong royong ini juga bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi sesama warga.

Selain itu, dengan memberhihkan atau merapikan dahan pohon, juga memudahkan pandangan saat melewati jalan.

"Ini juga untuk meningkatkan keamanan. Jika terjadi suatu tindak kejahatan seperti pencurian, kita bisa melihat kemana pergi pelaku, dan pandangan tidak terhalangi dahan-dahan pohon," terangnya.

Menurutnya, meski di tengah pandemi covid-19, silaturahmi tetap harus antara sesama warga.

"Salah satu cara adalah gotong royong seperti ini. Yang jelas kita tetap mentaati protokol kesehatan. Semoga kita semua terhindar dari segala bentuk penyakit," pungkasnya.

Editor: Surya