Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Riwayat 13 Pasien Positif Covid-19 di Batam
Oleh : Pascall Rianghepat
Rabu | 20-05-2020 | 08:06 WIB
rudi-corona12.jpg Honda-Batam
Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, HM Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus Tugas Covid-19 Batam kembali mengumumkan tambahan 13 kasus Covid-19 di Batam. Dengan penambahan ini, total jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Batam menjadi 76 kasus.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, HM. Rudi melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (19/5/2020). "Hari ini ada penambahan 13 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Rudi.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari klaster terkonfirmasi positif nomor 32 dan 35, yang telah meninggal dunia.

"Ke-13 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, terdiri dari 8 pasien perempuan dan 5 laki-laki," ujarnya.

Adapun data ke-13 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang di rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam adalah sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial 'Tn. J' usia 39 tahun, karyawan swasta, beralamat di kawasan perumahan Bengkong, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 66 Kota Batam. Yang bersangkutan adalah menantu dari kasus terkonfirmasi nomor 44 dan paman dari kasus terkonfirmasi nomor 48, yang saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Pada 26 April 2020, yang bersangkutan mengatakan pernah kontak langsung saat sama - sama melaksanakan shalat berjama'ah di Masjid A-F, dekat rumahnya, yang diimami oleh terkonfirmasi positif nomor 35 (telah meninggal.

Pada 06 Mei 2020, yang bersangkutan bersama warga dan jama'ah lainnya melakukan RDT di Masjid A-F dengan hasil reaktif. Kemudian keesokan harinya dievakuasi guna melakukan isolasi/karantina di Rusun Tanjunguncang. Selanjutnya, pada 08 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya diketahui pada 11 Mei 2020 dengan kesimpulan terkonfirmasi negatif.

Terkait dengan hasil tersebut selanjutnya yang bersangkutan dipulangkan dengan edukasi untuk tetap melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Pada 16 Mei 2020, kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua, yang hasilnya diperoleh pada Selasa (19/5/2020), dengan kesimpulam terkonfirmasi positif.

2. Seorang perempuan berinisial 'Ny. KN' usia 30 tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Bengkong, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 67 Kota Batam. Yang bersangkutan adalah istri dari terkonfirmasi positif nomor 53, yang saat ini masih dalam perawatan ruang isolasi rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang.

Sehubungan dengan pengembangan dan tracing terhadap kasus terkonfirmasi positif nomor 35 (meninggal dunia), yang bersangkutan bersama suaminya pada tanggal 12 Mei 2020 melakukan RDT di Puskesmas Sungai Panas dengan hasil non reaktif. Kemudian setelah suaminya dinyatakan terkonfirmasi posistif maka pada tanggal 16 mei 2020 kepada yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima pada hari ini dan dinyatakan terkonfirmasi positif.

3. Seorang laki-laki berinisial 'Tn.MI' usia 49 tahun, montir bengkel, beralamat di kawasan Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 68 Kota Batam.

Yang bersangkutan juga memiliki usaha warung sembako yang dikelola bersama istrinya dan menerima titipan penjualan makanan ringan (snack) dari para tetangganya, di mana salah satu yang menitipkan penjualan makanan ringan (kue donat) adalah kasus terkonfirmasi positif nomor 50, yang memiliki kaitan erat dengan cluster kasus jama'ah tablig terkonfirmasi positif nomor 35 (Tn. SAA) WNA yang telah meninggal dunia.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif Covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan pada tanggal 15 Mei 2020 melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya diketahui reaktif, sehingga pada keesokan harinya, 16 Mei 2020, ditindaklanjuti dengan melakukam pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya positif.

4. Seorang perempuan berinisial 'Ny. NS' usia 44 tahun, wiraswasta, beralamat di kawasan Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 69 Kota Batam. Yang bersangkutan memiliki usaha warung sembako yang dikelola bersama suaminya terkonfirmasi positif nomor 68.

Yang bersangkutan sering bertemu (closes contact) dengan terkonfirmasi positif nomor 50 dalam menerima titipan penjualan makanan ringan (kue donat) setiap harinya. Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif Covid-19 yang berkaitan dengan klaster Jama'ah Tabligh terkonfirmasi positif nomor 32 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan pada tanggal 15 Mei 2020 melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya diketahui reaktif, dan dilanjutkan pada keesokan hari tanggal 16 Mei 2020 melakukam pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya positif.

5. Seorang laki-laki berinisial 'Tn. RK' usia 26 tahun, security/Satpam, beralamat di kawasan Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 70 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan abang kandung dari kasus terkonfirmasi nomor 46 dan keponakan dari kasus terkonfirmasi nomor 50.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif Covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan melakukan pemeriksan RDT pada 15 Mei 2020, yang hasilnya diketahui reaktif. Dan keesokan harinya melakukan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya diketahui positif.

6. Seorang anak remaja perempuan berinisial 'Nn. NE' usia 14 tahun, pelajar , beralamat di kawasan perumahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 71 Kota Batam. Yang bersangkutan sebelumya sering berkunjung ke rumah temannya yang saat ini telah ditetapkan sebagai terkonfirmasi positif, dimana temannya tersebut memiliki closes contact dengan kasus terkonfirmasi positif nomor50 untuk membeli donat.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan melakukan pemeriksan RDT pada 15 Mei 2020, yang hasilnya diketahui reaktif. Dan selanjutnya pada keesokan harinya, 16 Mei 2020, ditindaklanjuti kembali dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui positif.

7. Seorang perempuan berinisial 'Ny. NS' usia 32 tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 72 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan istri dari kasus terkonfirmasi nomor 70, yang juga merupakan kakak ipar kasus terkonfirmasi nomor 46, serta keponakan kasus terkonfirmasi nomor 50.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan melakukan pemeriksan RDT pada 15 Mei 2020, yang hasilnya diketahui reaktif. Dan selanjutnya, keesokan harinya ditindaklanjuti dengan melakukam pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui positif.

8. Seorang anak perempuan berinisial 'PDS' usia 6 tahun, siswa TK, beralamat di Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar. Merupakan kasus baru Covid- 19 nomor 73 Kota Batam. Yang bersangkutan mengatakan bahwa pada saat sebelum masuk bulan Ramadhan sering bertemu dengan terkonfirmasi positif nomor 50 untuk membeli kue donat.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan bersama keluarganya yang lain pada tanggal 15 Mei 2020 ikut serta melakukan pemeriksan RDT yang hasilnya diketahui reaktif. Dan selanjutnya pada keesokan hari tanggal 16 Mei 2020 ditindaklanjuti kembali dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya positif.

9. Seorang perempuan berinisial 'Ny. Y' usia 64 tahun, tidak bekerja, beralamat di Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 74 Kota Batam. Yang bersangkutan mengatakan bahwa pada saat sebelum masuk bulan Ramadhan sering bertemu dengan terkonfirmasi positif nomor 50 untuk membeli kue donat.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan bersama keluarganya yang lain pada tanggal 15 Mei 2020 ikut serta melakukan pemeriksan RDT yang hasilnya diketahui reaktif. Dan selanjutnya pada keesokan hari tanggal 16 Mei 2020 ditindaklanjuti kembali dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya positif.

10. Seorang Laki-laki berinisial 'Tn. IBS' usia 34 tahun, karyawan, beralamat di Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar. Merupakan kasus baru Covid-19 nomor 75 Kota Batam. Yang bersangkutan mengatakan bahwa pada tanggal 05 Mei 2020 pernah closes contact dengan terkonfirmasi nomor 46 pada saat sama-sama makan bakso di wilayah tempat tinggalnya tersebut.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 di tempat tinggalnya, yang bersangkutan pada tanggal 15 Mei 2020 ikut serta melakukan pemeriksan RDT yang hasilnya diketahui "Reaktif", dan selanjutnya pada keesokan hari tanggal 16 Mei 2020 ditindaklanjuti kembali dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi "Positif".

11. Seorang Laki-laki berinisial 'Tn. A' usia 34 tahun, karyawan, beralamat di kawasan perumahan Tanjung Uncang Kelurahan Tanjung Uncang Kecamatan Batu Aji Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 76 Kota Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 15 Mei 2020 datang berobat ke IGD RSUD Embung Fatimah Batam dengan sudah merasa demam sejak tiga hari sebelumnya yang disertai sedikit sesak nafas dan badannya terasa lemas. Tiga minggu sebelumnya yang bersangkutan juga telah mengalami keluhan batuk kering yang belum sembuh hingga saat ini.

Oleh tim medis rumah sakit dilakukan penanganan dengan tindakan pemeriksaan laboratorium serta foto rontgen dengan kesimpulan terdapat gambaran Pneumonia. Kepada yang bersangkutan juga dilakukan pemeriksan RDT yang hasilnya Non Reaktif.

Berdasarkan hasil analisa pemeriksaan tersebut oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dilakukanlah perawatan di ruang isolasi Tun Sundari, yang kemudian pada keesokan harinya tanggal 16 Mei 2020 ditindaklanjuti kembali dengan melakukam pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif.

12. Seorang Balita perempuan berinisial VS usia 2 Tahun, Belum Sekolah, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 77 Kota Batam.

Yang bersangkutan pada tanggal 15 Mei 2020 Jam. 14.30, dengan dibawa oleh orang tuanya datang berobat ke IGD RSUD Embung Fatimah Batam dengan kondisi tidak ada respon/tidak menangis sejak pagi hari. Menurut orang tuanya anak tersebut sudah mengalami demam sejak lima hari sebelumnya yang disertai BAB cair dan berlendir dan ditemukan benjolan dibawah lehernya. Selanjutnya dilakukan perawatan di bangsal anak dengan sebelumnya dilakukan peneriksaan RDT dengan hasil Non Reaktif.

Kemudian pada tanggal 16 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya baru diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif. Disampaikan juga bahwa pada tanggal 17 Mei 2020 jam 13.30 WIB yang bersangkutan mengalami kondisi pemburukan, dan untuk mengatasi kondisi tersebut dokter telah berusaha melakukan tindakan upaya pertolongan yang maksimal namun pada pukul 18.30 WIB yang bersangkutan akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

13. Seorang anak perempuan berinisial IS usia 09 tahun, pelajar SD, beralamat di Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar Kota Batam. Merupakan kasus baru Covid- 19 nomor 73 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan kakak kandung dari terkonfirmasi positif nomor 73, yang pada saat sebelum masuk bulan Ramadhan juga sering bertemu dengan terkonfirmasi positif nomor 50 untuk membeli kue donat.

Sehubungan adanya temuan pengembangan kasus baru positif covid-19 ditempat tinggalnya yang bersangkutan bersama keluarganya yang lain pada tanggal 15 Mei 2020 ikut serta melakukan pemeriksan RDT yang hasilnya diketahui Reaktif, dan selanjutnya pada keesokan hari tanggal 16 Mei 2020 ditindaklanjuti kembali dengan melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif.

Dari ke-13 pasien ini, terang Rudi, 11 diantaranya dalam kondisi stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah dilakukan perawatan diruang isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

"Sementara dua pasien lainnya satu dinyatakan meninggal dunia dan satunya lagi hingga saat ini kondisinya relatif memburuk dan sedang dalam perawatan intensif menggunakan ventilator diruang ICU Isolasi Paviliun Tun Sundari RSUD Embung Fatimah, Kota Batam," tambahnya.

Rudi menjelaskan, sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi (PE) yang telah dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada, ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

"Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19 di Kota Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha