PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Serukan Masyarakat Gunakan Masker dan Terus Jalankan Protokol Kesehatan
Oleh : Redaksi
Minggu | 05-04-2020 | 17:05 WIB
yurianto+bnpb.jpg honda-batam
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, meminta protokol kesehatan terus dijalankan masyarakat, dan menggunakan masker bila di luar.

Makin bertambahnya jumlah kasus yang terkonfirmasi positif menunjukkan masih terjadinya penularan virus corona dan adanya kasus positif tanpa gejala di tengah-tengah masyarakat.

Karena itu, protokol kesehatan untuk menjaga jarak dalam berkomunikasi, menggunakan masker, dan mencuci tangan harus terus dijalankan oleh masyarakat.

"Ini yang menjadi kekuatan kita kalau kita ingin menghentikan penularan ini. Kami yakin seyakin-yakinnya bahwa kita semuanya bisa mengendalikan penyakit ini, bahwa kita memberantas penyakit ini, dan bersama-sama menyelesaikan Covid 19," ucap Yurianto, Minggu (5/4/2020).

Selain itu, Yuri mengkampanyekan pentingnya menggunakan masker. Hal ini sejalan dengan rekomendasi badan kesehatan dunia, WHO.

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah N95 hanya untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain, ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu di luar, orang tanpa gejala banyak sekali didapatkan di luar. Kita tidak tahu bahwa mereka sumber penyebaran penyakit. Oleh karena itu, lindungi diri kita. Semua menggunakan masker. Pada saat keluar rumah terutama," katanya.

"Masker bedah, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain. Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih 4 jam. Untuk kemudian dicuci, direndam di air sabun, kemudian di cuci," tambahnya.

Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terjadi penularan, karena semua orang memiliki potensi tertular di luar rumah.

"Karena kita tidak pernah tahu untuk di luar banyak sekali kasus yang memiliki potensi yang menular ke kita. Di samping cuci tangan dengan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Ini menjadi kunci bagi kita untuk kemudian mengendalikan penyakit ini," katanya.

Pada konferensi pers hari ini, Yurianto menyebut jumlah kasus yang terkonfirmasi positif virus corona per Minggu (5/4/2020) sore ini mencapai 2.273. Yurianto menyebut kasus bertambah sebanyak 181 orang pada hari ini.

"Pada hari ini telah telah bertambah lagi 181 orang konfirmasi positif, sehingga total menjadi 2.273," kata Yurianto.

Sedangkan kasus sembuh bertambah sebanyak 14 orang sehingga total kasus sembuh menjadi 164 orang. Namun, sebanyak tujuh orang dinyatakan meninggal dan menambah total kasus meninggal menjadi 198 orang.

Editor: Surya