Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RS Muhammad Sani dan Puskesmas di Karimun Bakal Dilengkapi Ruang Sterilisasi
Oleh : Freddy
Sabtu | 28-03-2020 | 11:32 WIB
ruang-sterilisasi1.jpg Honda-Batam
Ruang sterilisasi di Mapolres Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Rumah Sakit Umum Muhammad Sani dan puskesmas di Karimun bakal dilengkapi ruang sterilisasi seperti yang sudah dilakukan di kantor Bupati Karimun dan Mapolres Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada BATAMTODAY.COM mengatakan rumah sakit Muhammad Sani dan puskesmas - puskesmas akan dilengkapi dengan ruang sterilisasi, tetapi secara bertahap.

"Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona maka ruang sterilisasi memang perlu disiapkan di rumah sakit, puskesmas, rumah ibadah. Tapi semuanya dilaksanakan secara bertahap mengingat kemampuan anggaran yang sangat terbatas," tambahnya.

Ketika ditanya kapan akan direalisasikan ruang sterilisasi di RS Muhammad Sani, Aunur Rafiq mengatakan insyallah akan dilaksanakan secepatnya.

"Pak Rahmadi (Kadis kesehatan) tolong dibantu secepatnya agar RS Muhammad Sani ada ruang sterilisasi," kata Aunur Rafiq.

Hal senada disampaikan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rahmadi, bahwa sebenarnya kita ingin menyiapkan ruang sterilisasi tersebut ada di sejumlah tempat seperti rumah sakit dan puskesmas.

"Pelan-pelan dulu, nanti secara bertahap pasti di rumah sakit dan Puskesmas disiapkan ruang sterilisasi, seperti yang ada di kantor Bupati sekarang ini," ujarnya.

Seperti diketahui, prinsip utama dari ruang sterilisasi dapat menyemprotkan secara otomatis uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga orang yang masuk ke dalamnya terbebas dari virus dan kuman serta bakteri yang melekat ditubuhnya.

Untuk sekarang ini memang baru ada di dua tempat saja ruang sterilisasi tersebut yakni di kantor Bupati Karimun dan di Mapolres Karimun dan dipastikan akan meningkatkan lagi jumlahnya nanti.

Editor: Yudha