Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Ketiga Positif Covid-19 di Batam Diduga Terinfeksi di Jakarta
Oleh : Putra Gema
Senin | 23-03-2020 | 18:40 WIB
amsakar-corona-3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu masyarakat Kota Batam kembali terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Dengan ini, Kota Batam telah memiliki 3 pasien positif.

Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, pasien laki-laki (47) masyarakat Kota Batam ini sebelumnya melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Yang bersangkutan sebelumnya melakukan perjalanan kerja ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan peresmian pembangunan kapal di Kawasan Tanjung Priok," kata Amsakar di Pemko Batam, Senin (23/3/2020).

Setelah kegiatan di Jakarta, Amsakar mengungkapkan pasien tersebut mengunjungi salah satu perusahaan kapal yang berlokasi tidak jauh dari Tanjung Priok. Saat itu, pasien melakukan meeting kerja dengan beberapa petinggi perusahaan.

"Seusai melaksanakan meeting, yang bersangkutan kembali ke kantornya di Menara Bidakara 2 Pancoran Jakarta dan setelah itu kembali ke hotel Bidakara," ujarnya.

Amsakar mengungkapkan, pasien paruh baya ini selanjutnya pada Rabu (11/3/2020) melakukan kunjungan ke kantor Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI untuk meeting. Selanjutnya dilanjutkan kembali ke hotelnya.

Keesokan harinya, pasien tersebut berangkat kembali ke Kota Batam melalui Bandara Soekarno Hatta dan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada, Kamis (12/3/2020).

"Selama di Batam, pasien tersebut mengalami gejala-gejala gatal ditenggorokan dan badan tidak enak badan ketika terkena matahari. Pasien tersebut langsung memeriksakan dirinya ke RSUD Embung Fatimah," ujarnya.

Setelah dilakukan serangkaian tes kesehatan dan diambil samplenya, hari ini pasien tersebut ditetapkan positif Covid-19.

"Saat ini, kita sedang melakukan kontak traching dan sampai saat ini belum kami ketahui berapa banyak yang terpapar dari pasien ini. Mau itu di Jakarta ataupun di pesawat tersebut," tegasnya.

Hingga saat ini, terdapat 5 pasien positif di Kepri, yakni Tanjungpinang laki-laki (75), Karimun laki-laki (45), Batam laki-laki (32) dan Batam laki-laki (47). Sedangkan satu pasien lainnya merupakan masyarakat Kota Batam, perempuan (51) yang telah meninggal dunia pada, Senin (23/3/2020) malam.

Editor: Gokli