Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

24 TKI Ilegal Dipulangkan ke Daerah Asal
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 26-04-2012 | 14:55 WIB
tki-ilegal-punggur.gif Honda-Batam

Para TKI ilegal saat jelang diberangkatkan ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Punggur sebelum dipulangkan ke daerah asal.

BATAM, batamtoday - Nasib para TKI ilegal yang diamankan oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pusat beberapa waktu lalu akhirnya diserahkan ke Shelter Dinas Sosial (Dinsos) Kepri di Tanjungpinang untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asal. 

 

Dari 26 calon TKI ilegal, 15 calon TKI wanita yang akan diserahkan ke Dinsos Kepri, sementara 9 calon TKI pria masih menunggu koordinasi dengan Dinsos Kota Batam untuk menampung mereka, sebab shelter khusus pria di Tanjungpinang sudah penuh. 

"Para calon TKI pria masih menunggu koordinasi dengan Dinsos Kota Batam, sebab shelter Dinsos Kepri tak bisa menampung lagi karena telah penuh," ujar Kanit PPA Polresta Barelang, Aiptu Puji Hastuti kepada batamtoday, Kamis (26/4/2012). 

Sedangkan dua calon TKI lain, lanjut Puji, yakni pasangan ayah dan anak perempuannya dijamin oleh pihak keluarga mereka yang tinggal di Tanjung Uma untuk selanjutnya kembali ke daerah asal mereka. 

"Dua calon TKI lain pasangan ayah dan anak perempuan dijamin oleh keluarga mereka di sini," lanjut Puji. 

Para calon TKI ilegal usai menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polresta Barelang tak bersedia untuk melanjutkan berangkat bekerja ke luar negeri karena takut terjadi mereka di sana akibat kasus yang menimpa mereka ini. 

"Semua calon TKI ini tak mau berangkat ke luar negeri karena trauma dengan peristiwa ini, dan bahkan sebagian pihak keluarga mereka di kampung meminta mereka untuk pulang saja," terang Puji.

Pantauan batamtoday, 15 calon TKI wanita tampak sedang menunggu transportasi yang akan membawa mereka menuju Pelabuhan Telaga Punggur dan selanjutnya berangkat ke Tanjungpinang.