Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Istana Pastikan 238 WNI yang Dievakuasi dari Wuhan
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-02-2020 | 13:11 WIB
pesawaT-au_ke_natuna2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tiga pesawat TNI AU yang disiapkan untuk membawa WNI dari Wuhan ke Natuna untuk proses observasi (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pihak Istana memastikan 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China pasca wabah virus corona. Sementara itu, 5 personel dari KBRI Beijing turut mendampingi proses evakuasi.

"Jumlah final yang boarding dari Bandara Wuhan, 238 eks Provinsi Hubei dan 5 Tim Aju (advance, red) KBRI," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman lewat pesan singkat, Minggu (2/2/2020).

Rencananya ada 245 WNI dan lima Tim Evakuasi yang akan dievakuasi dari Wuhan, China akibat teror virus corona. Namun jumlah itu berubah menjadi 238 orang. Fadjroel belum menjelaskan alasan 7 WNI sisanya tidak dipulangkan.

"Tim Kemlu dan KBRI yang akan memberi keterangan," ujarnya.

Saat ini, tiga pesawat TNI AU yang membawa para WNI sudah menuju ke Natuna dari Batam. Fadjroel memastikan semua WNI yang dievakuasi dari China telah dinyatakan sehat. Mereka telah melalui prosedur kesehatan sesuai dengan standar WHO.

"Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO (World Health Organization)," ujar Fadjroel.

Tim evakuasi berjumlah 42 orang yang terdiri atas unsur Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, TNI dan kru pesawat Batik Air.

Jumlah WNI yang akan dievakuasi dari Wuhan adalah 245 orang ditambah lima orang tim pendahulu (advance) dari pemerintah Indonesia.

Sehingga total terdapat 250 WNI yang akan dievakuasi dengan pesawat Batik Air, yakni 101 laki-laki, 149 wanita atau 247 dewasa dan 3 anak-anak.

Setelah mendarat di Batam, WNI yang akan dievakuasi akan ke Natuna dengan menggunakan tiga pesawat TNI AU. Yakni 1 unit pesawat C-130 Short Body dengan kapasitas 120 org, serta 2 unit Boeing masing-masing dengan kapasitas 80 dan 90 orang.

Editor: Surya