Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Analisa Forensik, Temuan Kerangka Manusia di Galang Diperkirakan Meninggal 6 Bulan - 1 Tahun
Oleh : Hadli
Senin | 13-01-2020 | 19:52 WIB
identifikasi--tulang.jpg Honda-Batam
Polisi saat mengidentifikasi temuan tulang belulang manusia dari Pantai Melur, Galang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dokter Forensik Biddokkes Polda Kepri di RS Bhayangkara Batam mengidentifikasi kerangka manusia yang ditemukan pada Sabtu (11/1/2020) di warung kosong, Pantai Melur, Galang, Kota Batam identik dengan ciri-ciri laki-laki.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Biddokkes disimpulkan sementara kerangka ini menunjukkan ciri-ciri laki-laki berusia antara 27-30, dengan perkiraan tinggi badan antara 154 - 160 cm, ras Mongoloid. Dan Jenazah adalah perokok," kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt kepada BATAMTODAY.COM di Polda Kepri Senin (13/01/2019).

Akpol 1982 tersebut menambahkan, pemeriksaan kerangka yang belum diketahui identitasnya tersebut meliputi satu buah tengkorak dengan gigi rahang atas lengkap, satu buah rahang bawah dengan gigi lengkap, satu pasang tulang selangka, satu pasang tulang belikat, satu pasang tulang lengan atas berukuran 28,5 cm.

Satu pasang tulang hasta berukuran 24,7cm, satu pasang tulang pengumpul berukuran 22,5 cm, dua puluh tiga keping tulang iga, satu ruas tulang dada, tiga puluh tiga ruas tulang belakang, satu buah tulang panggul yang telah terpisah, sepasang tulang paha berukuran 40 cm, sepasang tulang kering 33,5 cm, sepasang tulang betis 32,5 cm, sepasang tulang lutut, sekumpulan tulang kecil penyusun tangan dan kaki.

"Perkiraan waktu kematian 6 bulan hingga 1 tahun sebelum ditemukan dan berdasarkan perhitungan antropologi ruas-ruas tulang panjang, perkiraan tinggi 154,7700 cm sampai dengan 160,4759 cm," ujar Harry.

Perkiraan jenis kelamin berdasarkan pemeriksaan tulang panggul, tambahnya, tampilan panggul atas dan bawah sempit, krista iliaca berbentuk sepertinhuruf 's', fossa iliaca tinggi dan sempit, incissura ischiadica major lebar menyerupai huruf 'u'.

"Pemeriksaan perkiraan usia berdasarkan tulang kemaluan setelah dicocokkan dengan tabel Todd's simphysis analysis menunjukkan stage 5. Perkiraan jenis kelamin berdasarkan tulang tengkorak, tulang dahi tegak lurus, rongga mata berbentuk persegi, langit-langit lebar dan berbentuk seperti huruf u," paparnya.

Lebih jauh disampaikan, temuan dari gigi rahang atas, gigi 28 menggarah ke distal
rahang bawah, gigi 37 sedikit terdorong ke ligual, gigi 38 parsial erupsi, gigi 42 bagian distal sedikit rotasi (berputar), gigi 47 sedikit terdorong ke lingual, gigi 48 parsial erupsi. Untuk temuan pada rahang atas dan bawah gigi di temukan ada stain (noda rokok).

Selain itu, gigi seri depan menunjukkan bentuk 'Shovel-shapped' serta kerangka mengenakan celana jeans Biru dan celana dalam berwarna Merah. Tidak tampak patah tulang dan tidak ada jaringan tubuh.

Harry mengimbau kepada masyarakat jika ada anggota keluarga yang merasa kehilangan dan dirasa berkaitan dengan penemuan tengkorak ini dapat menghubungi Siaga Reskrim Polresta Barelang atau langsung ke Kabid Dokkes Polda Kepri di nomor 0811457323.

"Saat ini jenazah disimpan di instalasi forensik RS Bhayangkara Batam menunggu proses pengumpulan data ante mortem (pencari orang hilang)," tutur Harry.

Editor: Gokli