Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jumlah Kriminalitas Menurun

Selama 2019, Polresta Barelang Raih 2 Prestasi Terbaik Tingkat Nasional
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 31-12-2019 | 12:20 WIB
rilis-akhir-tahun.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo (tengah) bersama jajaran menggelar rilis akhir tahun. (Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang, Kombes Prasetyo Rachmat Purboyo memimpin pers rilis akhir tahun terkait penanganan kasus dan prestasi yang telah dicapai selama tahun 2019, Selasa (31/12/2019).

Bertempat di lobi Mapolresta, Kapolres yang didampingi beberapa pejabat utama menjabarkan mulai dari prestasi yang diraih, operasi yang dilakukan untuk menjaga Kamtibmas hingga kasus yang telah diselesaikan.

"Di tahun 2019 ini, atas kinerja yang baik dan dukungan dari lapisan masyarakat, Polresta Barelang terpilih sebagai Satker Pelaksana Dipa dengan pagu di atas Rp 100 miliar. Kita mendapat penghargaan dari Kementrian Keuangan untuk Sakter pelaksana anggaran terbaik di wilayah Kepulauan Riau," ungkapnya.

Selain itu, pada November kemarin, juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia sebagai penyelenggara pelayanan publik di tahun 2019.

"Penghargaan ini kita raih pada November kemarin dengan predikat sangat baik. Ia dua prestasi tingkat nasional yang bisa diraih Polresta Barelang. Semuanya bisa diraih tentunya juga berkat turut serta masyarakat mendukung kinerja Polresta Barelang," paparnya.

Sementara untuk menjaga Kamtibmas, pihaknya telah menggelar 6 kegiatan operasi, yakni Operasi Keselamatan Seligi 2019, Operasi Patuh Seligi 2019, Operasi Zebra Seligi 2019, Operasi Mantap Brata Seligi 2019, Operasi Ketupat Seligi 2019, dan Operasi Lilin 2019.

"Operasi Keselatan, Zebra dan Patuh Seligi, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengedara di jalan raya. Sehingga, bisa menekan angka kecelakaan. Operasi Mantab Brata dilakukan saat pemilihan presiden dan legislatif. Semuanya berjalan lancar dan Batam dalam keadaan kondusif," jelasnya.

Begitu juga untuk Operasi Ketupat yang telah dilaksanakan saat Hari Raya Idul Fitri, semua berjalan aman dan masyarakat yang merayakan bisa beribadah dengan dengan lancar.

"Untuk Operasi Lilin saat ini masih berlangsung. Kami mengajak dan mohon doa serta dukungan masyarakat agar di malam pergantian tahun ini, baik masyarakat yang beribaddah di gereja maupun merayakannya berjalan lancar," harap Prasetyo.

Ditambahkan, untuk kasus yang terjadi di tahun 2019 secara keseluruhan mengalami penurunan dibandingkan tahun 2018.

"Jumlah kriminalitas yang ditangani di tahun 2019 sebanyak 2.213 kasus dan terjadi penurunan dibanding tahun 2018 sebanyak 2478 kasus. Penurunan yang terjadi sebanyak 264 kasus atau sekitar 106 persen," tambahnya.

"Turunnya kasus yang terjadi tentunya disebabkan semakin intensifnya patroli yang dilakukan serta meningkatkan kesadaran masyarakat bisa lebih waspada untuk tidak menjadi korban tindak kejahatan. Ke depannya kinerja akan terus kita tingkatkan sehingga tindak kriminalitas bisa terus diminimalisir," pungkasnya.

Editor: Yudha