Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembangunan Puskesmas Teluksasah di Kelurahan Teluklobam Sudah Sesuai Aturan
Oleh : Harjo
Sabtu | 21-12-2019 | 12:20 WIB
puskesmas2.jpg Honda-Batam
Pembangunan Puskesmas Teluksasah. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pembangunan Puskesmas Teluksasah yang sedang berlangsung di Kelurahan Teluklobam sàat ini, merupakan relokasi dari Kampung Harapan, Desa Teluksasah ke Kelurahan Teluklobam, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan.

Pada tahun 2018 diajukan permohonan relokasi Puskesmas Teluksasa. Dikarenakan prosesnya melalui aplikasi, maka harus tetap menggunakan nama Puskesmas Teluksasah, walaupun pembangunan atau tempat relokasi berada di wilayah Kelurahan Teluklobam.

"Semua perencaan harus sesuai denggan nomenklaturnya, apabila dilakukan perubahan justru akan menjadi temuan," ungkap Kabid Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Bintan, Muhammad Ridwan, kepada BATAMTODAY.COM secara terpisah, Jumat (20/12/2019) malam.

Dijelaskan, pengadaan lahan pembangunan Puskesmas Teluksasah yang berlokasi di Kelurahan Teluklobam pada 2018, termasuk pelaksanaan pembangunan Puskesmas usulan 2018 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diajukan relokasi Puskesmas Teluksasah.

Nomentklatur pengganggaran pembangunan sudah sesuai dengan aturan yang ada. Lokasi pembangunan berada di Teluklobam, karena lahannya bisa dijangkau dari semua masyarakat, dimana sebelumnya sudah melalui mekanisme termasuk para lurah dan kades.

"Nantinya Puskesmas yang saat ini beralamat di Kampung Harapan Desa Teluksasah tidak ada lagi. Aset gedung akan dijadikan untuk kebutuhan lainnya," terangnya.

Ditanya apakah setelah Puskesmas tersebut direlokasi bisa diganti namanya, Ridwan menyampaikan kalau sudah direlokasi baru bisa dirubah namanya, baik sesuai nama tempat atau lainnya.

"Kementerian Kesehatan yang melakukan kunjungan, sudah dipertanyakan dan dikatakan bisa. Apabila nantinya sudah direlokasi akan diusulkan namanya," katanya.

Editor: Chandra