Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amanah Alm HM Sani

Keluarga Pasien Tak Lagi Tidur di Lorong, Rumah Singgah RSUP Kepri Segera Rampung
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-12-2019 | 18:16 WIB
rumah-snggah-kepri.jpg Honda-Batam
Rumah Singgah keluarga pasien RSUP Kepri, segera rampung. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tak lama lagi para keluarga pasien tidak perlu bingung lagi menemani pasien, yang sedang rawat inap di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepri. Pasalnya Rumah Singgah untuk kerabat pasien, sudah hampir rampung.

Bangunan itu terletak di samping bangunan utama RSUD RAT. Tak jauh dari masjid. Tampak bangunan sudah berdiri tegak, walaupun belum rampung sepenuhnya.

Pembangunan Rumah Singgah itu adalah pesan dari Mantan Gubernur Kepri, HM Sani. "Itu pesan dari Almarhum Pak Sani dulu. Sejak saya pejabat di situ. Beliau minta, tolong lah jangan sampai itu tidak dibangun. Beliau kan sangat peka dengan yang begitu," ujar dr Muchtar Lutfi Munawar, Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepri, Senin (16/12/2019) lalu, seperti dilansir situs resmi Diskominfo Kepri.

Saat ini kerabat pasien kerap menginap di lorong-lorong RSUD RAT, saat menjaga pasien. Pemandangan itu khususnya marak di lantai 3.

"Lihat di lantai 3 itu banyak yang duduk. Padahal tidak boleh duduk-duduk, keluarga yang menjaga pasien hanya boleh satu orang, pakai ID. Cuma kadang-kadang kita maklum saja," tambah Muchtar.

"Kalau kayak gitu macam mana pulak, dia saudaranya operasi dia duduk lah di situ. Yang jauh-jauh belum tentu ada saudaranya di sini. Jadi menunggulah di situ," tambah Muchtar.

Rumah Singgah itu akan terdiri dari 20 hingga 30 kamar.

Muchtar berharap tarif menginapnya dapat ditekan serendah mungkin, untuk membantu pasien yang datang dari pulau-pulau. "Saya sudah bicarakan dengan Pak Sekda. Bayar, tetapi serendah mungkin. Karena nggak boleh bayar, karena dana dari pemerintah. Harus ada harga tertentu," jelas Muchtar.

Ia bahagia akhirnya amanah Almarhum HM Sani akan segera terwujud. "Jadi itu amanah Pak Sani yang sudah kita laksanakan," sebut Muchtar.

Editor: Gokli