Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sidak Satgas Pangan Kota Batam

Ketersediaan dan Harga Kebutuhan Pokok di Batam Masih Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 17-12-2019 | 13:52 WIB
sidak2.jpg Honda-Batam
Sidak Satgas Pangan Kota Batam jelang Nataru. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Batam terus memantau harga kebutuhan pokok jelang perayaan Natal 2019 dan tahun Baru 2020 (Nataru) agar tetap stabil.

Pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok tersebut dilakukan dengan sidak ke pasar-pasar yang ada di kota Batam serta ke perusahaan yang menjadi distributor.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, mengungkapkan pengawasan tersebut akan terus dilakukan hingga Nataru usai.

"Beberapa hari lalu telah dilakukan sidak ke pasar dan perusahaan yang menjadi distributor kebutuhan pokok di Batam. Sejauh ini harga pangan masih stabil dan stok masih terpenuhi hingga usai Natal dan Tahun Baru," ujar Prasetyo, Selasa (17/12/2019).

Kegiatan tersebut, juga diikuti Disperindag Kota Batam, Dinas Ketananan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Bulog Subdivre Kota Batam, Balai Karantina Kalas I Batam dan BOPM Batam. Adapun lokasi yang menjadi tujuan yakni Pasar Tos 3000, PT Serya Mutiara Sejati selaku distributor daging beku, PT Frozen King, distributor bawang dan kentang, serta Ud Niaga selaku distributor telur.

Kegiatan sidak pasar Tos 3000 tim melakukan pengecekan kepada pedagang terkait harga pangan yang ada di pasar tersebut.

"Dari pemantauan didapati pangan pokok tercukupi serta harga pangan seperti cabai, telur dan bawang bombai terjadi kenaikan harga. Namuan kenaikan harga tersebut masih dalam batas normal. Selebihnya masih stabil," tambah Prasetyo.

Sementara sidak ke PT Seraya Mutiara Sejati, diketahui jumlah stok daging ayam sekitar 95 ton, dengan harga perkilo Rp28 ribu. Sedangkan stok daging sapi sekitar 44 ton dengan harga perkilo Rp70 ribu.

"Ketersediaan daging masih mencukupi dalam menghadapi hari besar Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Begitu juga dengan ketersediaan telur di UD Niaga yang berasal dari Medan dan Padang saat ini sejumlah 5.000 ikat, dengan harga jual perikat Rp205 ribu sampai dengan Rp210 ribu. Sedangkan kebutuhan masyarakat Batam masih mencukupi," paparnya.

Begitu juga dengan ketersediaan bawang dan kentang di PT Frozen King masih tercukupi. Untuk jumlah stok bawang merah sekitar 4,8 ton dengan harga perkilo Rp33.500. Jumlah stok bawang putih sekitar 27,4 ton dengan harga perkilo Rp24 ribu. Jumlah stok bawang Bombai sekitar 3,8 ton dengan harga perkilo Rp10.800. Kemudian jumlah stok kentang Medan sekitar 15 ton dengan harga perkilo Rp8.500.

Pihaknya juga akan terus meningkatkan Koordinasi dengan instansi terkait guna menjaga ketersediaan pangan pokok dan stabiltas harga pangan pokok.

"Hasil pemantauan terhadap pangan pokok di Kota Batam masih mencukupi serta harga pangan pokok masih dalam taraf stabil dalam rangka menyambut hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kita akan tersu melakukan pemantauan hingga pelaksanaan perayaan nantinya," pungkas Prasetyo.

Editor: Yudha