PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Simanjuntak, Atlet Catur Batam Bawa Pulang Emas dari Johor Chess Festival
Oleh : Hadli
Sabtu | 14-12-2019 | 19:40 WIB
007_nurdin_joho01.jpg honda-batam
Nurdin Simanjuntak bersama Presiden Johor Chess Association, Frank Goon, saat menerima medali emas piala bergilir serta piagam pada ajang Johor Chess Festival (JCF) di Johor Malaysia. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Prestasi gemilang kembali diraih Nurdin Simajuntak, atlet catur Batam, Kepulauan Riau, di tingkat internasional.

Berkat kegigihannya, Nurdin Simanjuntak berhasil mengharumkan nama Indonesia pada ajang Turnamen Johor Chess Festival (JCF) di Malaysia.

"Pujisukur berkat kemurahan Tuhan dan dukungan penuh dari Pencab Batam yang diketuai bapak Herman Rozie dan Seketaris sekaligus pelatih bapak Aldriyanto Syarif dan KONI Batam," kata Nurdin Simanjuntak kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (14/12/2019).

JCF ke-6 diselenggarakan Johor Chess Association sejak 2 - 9 Desember 2019 di Johor yang diikuti 100 peserta dari 11 negara. Pria 39 tahun ini berhasil membawa pulang medali emas serta piala bergilir.

Juara 1 open Internasional Challenger ini berhasil meraih poin sebesar 7,5 dari 9 babak kategori clasik. Disusul perak dari India 7 poin dan perunggu dari Vietnam dengan poin 7.

Selain medali emas dan piala bergilir, atlet catur Batam ini juga membawa pulang piagam atas keberhasilannya menaklukkan lawan.

Prestasi Nurdin di meja percaturan wilyah Kepri sudah tidak duragukan lagi. Ia sudah dua kali meraih juara umum liga Kepri berturut-turut.

Nurdin juga meraih juara 1 catur unik kue pada 2016, juara 1 catur unik manusia tahun 2018.

Ayah enam anak ini juga berhasil menyabet 2 medali emas di Porprov Kepri di Tanjungpinang 2018. Pada Porwil di Bengkulu, Nurdin tidak sendiri. Ia bersama empat rekannya, Abdul Harris Tarigan, Bharata Surya Darma, Jon Toni, Hamdan Yelpi (pelajar SMAN 8 Batam) juga mengantongi tiket ke PON 2020 Pupua untuk catur beregu.

Sementara Master Nasional Nurdin Simajuntak lolos untuk perorangan.

Editor: Gokli