Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Bintan Selidiki Temuan Limbah Minyak Hitam di Pantai Kawasan Lagoi
Oleh : Harjo
Sabtu | 14-12-2019 | 08:06 WIB
temuan-limbah1.jpg Honda-Batam
Polisi melakukan kroscek tumpahan limbah minyak hitam di kawasan pariwisata Lagoi. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tumpahan limbah minyak hitam mulai mencemari pantai di lima resort di Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan, Jumat (13/12/2019).

Kelima pantai resort yang tercemari limbah minyak hitam tersebut diantaranya, pantai Nirwana Garden Resort, Bintan Lagoon Resort, Ria Bintan, Banyan Tree dan Club Med.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang kepada BATAMTODAY.COM di Bintan, menyampaikan, sesuai hasil kroscek ke lapangan yang dipimpin Ipda Angga Riatma selaku Kanit Tipidter Satreskrim Polres Bintan, anggota Satpolairud Polres Bintan, anggota Sat Samapta Polres Bintan, bersama Dinas Lingkungan Hidup Bintan, serta masing-masing pengelola resort.

"Tim menemukan tumpahan limbah minyak hitam di pantai di lima resort yang ada di Lagoi Bintan," ungkapnya.

Dijelaskan, kroscek lapangan yang dimulai sejak pagi hari tersebut ditemukan limbah tumpahan minyak hitam yang berada di tepi pantai Nirwana Garden Resort. Selanjutnya sekitar pukul 11.00 wib, ditemukan limbah minyak hitam yang berada di tepi pantai Club Med.

Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 wib di temukan tumpahan limbah minyak hitam yang berada di tepi pantai Ria Bintan. Sekitar pukul 14.30 wib ditemukan tumpahan limbah minyak hitam yang berada di tepi pantai Bintan Lagon Resort.

"Pihak pengelola resort melaporkan bahwa tumpahan minyak hitam tersebut, sudah mulai ada di pinggir pantai sejak pagi hari ini jumat tanggal 13 Desember 2019 sekira pukul 06.00 Wib," terangnya.

Selain itu, dari pihak resort menyampaikan tumpahan minyak hitam itu diduga berasal dari perairan Operational Port Limited (OPL) yang dibawa ombak sampai ke pinggir pantai.

Sejauh ini, masing-masing pengelola resort telah melakukan upaya pembersihan limbah tersebut secara manual yang selanjutnya dikumpulkan di TPS resort.

Tidak hanya itu, tim dari KP Baladewa dan KP Yudistira Patroli Nusantara Korpolairud Baharkam Mabes polri yang dipimpin oleh AKP Mega juga melaksanakan pengecekan limbah tumpahan minyak yang berada di pantai Club Med.

Tindaklanjut temuan limbah tersebut, pihak Polres Bintan dan tim akan melakukan koordinasi dengan DLH Provinsi Kepri, untuk menyediakan Drum sebagai tempat penampungan limbah minyak hitam. Juga menghimbau kepada pengelola resort untuk terus melakukan pencegahan dengan memasang ban laut.

Editor: Yudha