Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KEK Galang Batang Serap Investasi Senilai Rp 20 Triliun
Oleh : Redaksi
Senin | 18-11-2019 | 08:28 WIB
KEK-galang-btng.jpg Honda-Batam

PKP Developer

KEK Galang Batang Bintan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan, Kepulauan Riau, menyerap investasi sebesar Rp 20 triliun pada bulan November 2019.

Investasi tersebut berasal dari perusahaan Global Alumunium (Singapura), Press Metal (Malaysia), dan PT Mahkota Karya Utama (Indonesia).

"Kesepakatan investasi itu sudah ditandatangani pada hari Jumat (15/11/2019), dan turut disaksikan oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto," kata pimpinan PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) selaku pemegang saham, Santoni, Minggu (17/11/2019).

Santoni mengatakan bahwa investasi sebesar itu khusus di bidang industri alumina saja dengan durasi waktu selama 3 hingga 5 tahun.

Proyek tersebut, kata dia, akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja dengan komposisi 50 persen tenaga kerja lokal dan 50 persen lainnya tenaga kerja asing (TKA).

"Itu hanya tahap awal, secara bertahap tenaga kerja lokal akan mendominasi. Saat ini sudah banyak pekerja tempatan yang disekolahkan ke Cina sehingga pulang nanti mereka bisa memimpin perusahaan ini," kata Santoni.

Plt. Gubernur Kepulauan Riau Isdianto mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan siap mendukung investasi tersebut sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Ia mengharapkan proyek alumina itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kepulauan Riau, yang saat ini tengah lesu.

"Harapan kami tentu tenaga kerja lokal lebih banyak yang terserap sehingga ekonomi warga tempatan juga akan makin meningkat," tuturnya.

KEK Galang Batang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2017 pada tanggal 12 Oktober 2017 yang menjadikan kawasan ini paling cepat beroperasi, selama 14 bulan.

Kegiatan utama KEK tersebut adalah industri pengolahan bauksit dan logistik dengan luas lahan 2.333 hektare.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha