Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Unit Eskavator Dikerahkan Bongkar Lapak Pedagang Pasar Induk Jodoh
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 30-10-2019 | 11:04 WIB
eskavator-jodoh1.jpg Honda-Batam
Alat berat meluluhlantakkan kios semi permanen di Pasar Induk Jodoh. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak dua unit eskavator dikerahkan oleh tim terpadu Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dalam penertiban Pasar Induk Jodoh, Rabu (30/10/2019) pagi.

Dikawal petugas kepolisian dan TNI, operator alat berat merobohkan satu persatu bangunan semi permanen, yang kerap digunakan untuk jualan buah.

Sementara itu, para pedagang yang awalnya sempat menolak, akhirnya pasrah. Petugas gabungan terus melakukan pembersihan kios dagangan milik mereka.

Penertiban kawasan pasar induk jodoh dimulai pukul 09.00 wib pagi, setelah sebelumnya para petugas gabungan melakukan apel pagi di pelataran parkir Pacific Hotel.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Batam, Yusfa Hendri menjelaskan adanya pelaksanaan penertiban ini sesuai dengan kebijakan yang akan berdampak terhadap para pedagang di kawasan Jodoh dan Nagoya. Dimana pemberdayaan pasar induk kedepannya, akan dikonsentrasikan bagi para pedagang di dua kawasan tersebut.

"Untuk memulai proses pengerjaannya, salah satu syaratnya adalah pembersihan kawasan itu dulu. Makanya kita akan mulai tahapannya besok," ungkapnya.

Adapun target untuk penertiban tahap awal, adalah bangunan semi permanen yang berada di kawasan row jalan raya. Dimana salah satu bangunan tersebut, diketahui menutup saluran pembuangan, bahkan ada beberapa bangunan ada yang diketahui berdiri di atas saluran air.

Editor: Yudha