Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik KKA Titipkan Soal UN di Kantor Polisi
Oleh : Emmi/Dodo
Selasa | 10-04-2012 | 10:47 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Untuk menjaga kerahasiaan soal Ujian Nasional (UN) SMA dan SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas menitipkan soal UN tersebut di Polsek Tarempa. 

"Untuk menjamin kerahasiaan soal UN sengaja dititipkan oleh Dinas Pendidikan di kantor polisi dan kita menjamin tidak ada yang boleh menyentuh soal tersebut hingga pelaksanaan UN dimulai," kata Kapolsek Siantan, AKP Wan Sanusi kepada wartawan, Senin (9/4/2012). 

Wan Sanusi menambahkan, pihaknya akan mengawal soal UN saat pendistribusian ke setiap sekolah yang ada di KKA. Pihaknya akan mengutus dua personil mengamankan soal sampai di sekolah. 

"Kita akan kawal soal UN sampai ke sekolah-sekolah yang ada di pulau dan dalam pelaksanaan UN ini kita meminta agar semua pihak menjaga ketertiban demi lancarnya pelaksanaan UN," kata Kapolsek. 

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan KKA, Rio Rizal mengatakan, pihaknya sengaja menitipkan soal UN agar tidak terjadi kebocoran soal. Dirinya menyampaikan jika soal UN yang telah sampai 32 koli, 27 koli disimpan di Polsek Siantan dan 5 koli lagi untuk kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur. 

"Soal UN akan kita ambil dari kantor polisi saat pelaksanaan UN dimulai kalau untuk pulau mungkin sehari sebelum pelaksanaan UN. Semuanya ada 32 koli dan kita menjamin kerahasiaan akan terjaga karena soal kita titip di kantor polisi," katanya. 

Untuk pelaksanaan UN SMA ada 367 peserta semantara untuk SMP ada 611 siswa. Sedangkan untuk pelaksaaan UN sendiri, akan berlangsung pada 16-19 April bagi SMU. Untuk tingkat SLTP akan berlangsung pada 23-26 April. 

"Pelaksanaan UN akan kita mulai 16 April nanti untuk SMA dan 23 April untuk SMP dan kita berharap UN kali ini Anambas bisa mencapai target kelulusan seperti tahun lalu bisa mencapai di atas 90 persen," katanya.