Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satlantas dan Warga Tanjungpinang Buka Posko Anti Balap Liar
Oleh : Agus/Charles
Senin | 09-04-2012 | 09:05 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday-Guna mengantisipasi balap liar yang kian meresahkan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungpinang bersama warga membentuk Posko dadakan pemantauan aksi balap liar di Tanjungpinang.

Posko pemantauan aksi balap liar ini diadakan di tiga titik, yakni di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Wiratno, dan Kawasan Bintan Center, Tanjungpinang.

Kasat Lantas Polresta Tanjungpinang, AKP Oxy Yudha Pratesta, mengatakan, pembukaan posko dadakan pemantauan balap liar ini, dilakukan untuk sama-sama menertibkan para pelaku balap liar yang sering berlangsung di sejumlah ruas jalan raya kota Tanjungpinang.

"Posko dadakan ini kita buat dan bentuk bersama masyarakat dalam memantau dan merazia pelaku balap liar, yang saat ini sudah sangat meresahkan masyarakat dan sering uring-uringan dengan polisi," ujarnya kepada batamtoday, Sabtu pekan lalu.

Setiap posko, lanjut Oxy, dijaga masing-masing anggota polisi bersama sejumlah warga masyarkat untuk mengawasi dan menangkap pelaku balap liar.

"Pelaksanaan pamatauan balap liar ini, merupakan kerjasama polisi dengan masyarakat sekitar, yang juga merasa resah dengan adanya balap liar di sejumlah ruas jalan raya di kota Tajungpinang," ungkapnya.

Selain itu, alasan Oxy menggandeng warga agar bisa dapat bekerjasama dalam memberantas keresahan warga.

Dari data kecelakaan yang terjadi dalan kurun waktu 3 bulan terakhir, didominasi pelajar atau para remaja yang cendrung mengalami kecelakaan dari yang ditabrak hingga yang nabrak, atau sekitar 60 persen dari angka kecelakaan di Tanjungpinang.

Sementara itu, berdasarkan hasil operasi Satlantas pada Sabtu (7/4/2012), dengan diadakanya Posko balap liar ini, sepanjang malam Minggu tidak terlihat adanya pelaku balap liar lagi di jalan raya.