Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Ekonomi Kepri Tunjukkan Tren Positif di Akhir Kuartal II-2019
Oleh : Nando Sirait
Senin | 23-09-2019 | 13:04 WIB
tren-positif.jpg Honda-Batam
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Fadjar Majardi. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau, terus menunjukkan trend positif sejak akhir kuartal kedua, dan memasukki akhir dari kuartal ketiga do tahun 2019.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Fadjar Majardi, dalam kegiatan Capacity Building yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (21/09/2019) lalu.

Pihaknya bahkan memproyeksikan bahwa pertumbuhan positif ini akan tetap berlanjut hingga akhir tahun 2019. Di mana sektor investasi memegang peranan penting, disusul dengan aktifitas eksport.

"Aktivitas eksport kita di Agustus kemarin mengalami peningkatan, dan investasi terutama di Batam juga menunjukkan peningkatan yang signifikan," paparnya.

Walau begitu, dia juga menuturkan bahwa saat ini seluruh pihak juga masih mengejar target pertumbuhan ekonomi. Yang mengalami pertumbuhan signifikan, di tahun 2018 kemarin. Di mana pada tahun tersebut Kepri mencapai angka diatas 5 persen.

BI perwakilan Kepri memproyeksi investasi di Kepri akan tetap meningkat dan kedepannya, pertumbuhan ekonomi Kepri tumbuh lebih tinggi. Kuartal saat ini, pertumbuhan ekonomi Kepri diperkirakan berada di kisaran 4,9-5,3 persen. Sedangkan hingga akhir tahun 2019, dikisaran 5,0-5,4 persen.

Fadjar juga mengatakan, ekonomi Kepri ditunjang investasi dan saat ini tren investasi sedang bergerak tumbuh. Negara dengan investor tinggi, biasanya pertumbuhan ekonominya juga terbilang tinggi.

"Kepri termasuk provinsi dengan investor tinggi. Mestinya pertumbuhan ekonominya bisa di atas nasional," ujarnya.

Dikatakan, tahun 2019 ini bisa dibilang menjadi waktu bagi investor untuk mulai menjalankan dan mengembangkan investasinya di Kepri. Itu setelah masuk 2017 atau 2018 lalu.

Editor: Gokli