Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maju Pikada Batam 2020

Resmi Daftarkan Diri ke PDIP, Lukita Mengaku Sempat Berperang Batin
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 17-09-2019 | 13:40 WIB
lu-gua.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Lukita Dinarsyah Tuwo, mantan Kepala BP Batam, usai mendaftarakan diri jadi Calon Wali Kota Batam ke DPC PDI Perjuangan. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lukita Dinarsyah Tuwo, Senin (16/09/2019) menjadi moment bagi mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, yang menyatakan diri akan mengikuti pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, untuk jabatan Wali Kota Batam.

Hal ini ditandai dengan pertemuan dengan sejumlah elemen dan tokoh masyarakat, yang dimulai sejak Minggu (15/09/2019) lalu. Hingga penyerahaan formulir pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan, yang diterima langsung oleh Sekretaris DPC PDIP, Ernawati dan anggota DPRD Kota Batam, Budi Mardianto.

Ditemui di tempat berbeda, Lukita akui pilihannya untuk mengikuti pertarungan ini, juga melalui pertarungan batin selama lima bulan lebih. Di mana dukungan untuk maju dalam Pilkada mendatang, juga datang dari pihak Ketua Kadin Batam dan Ketua Kadin Kepri.

"Awalnya saya hanya tertawa, karena selama karir saya ditunjuk oleh pimpinan dan bukan dipilih. Ini yang menjadi tantangan saya, sehingga membuat pertarungan di batin saya," ungkapnya, Selasa (17/09/2019).

Dalam menentukan pilihan ikut dalam pertarungan ini, dia mengaku sempat meminta masukkan dari berbagai pihak terutama keluarga, kolega dari pihak pengusaha, hingga rekan sesama aparatur sipil negara (ASN). Hal ini juga harus dilakukannya, mengingat bahwa dia juga bukan merupakan politisi.

"Saya sendiri tidak pernah punya pengalaman untuk terjun dalam dunia politik. Oleh karena itu, saya memikirkan matang - matang langkah yang akan saya ambil ini," lanjutnya.

Ingin membangun Batam lebih baik lagi, dengan potensi yang luar biasa, namun belum dimaksimalkan untuk kepentingan bersama, menjadi salah satu alasannya untuk memantapkan langkahnya, terjun dalam dunia politik.

Kemudian dia juga melanjutkan, pilihannya memilih PDI Perjuangan sebagai perahu, juga merupakan masukkan dari seluruh kolega serta rekannya. "Namun untuk hal ini saya juga harus mencari satu partai lagi, yang akan berkoalisi dalam mendukung visi dan misi yang saya miliki untuk Batam," paparnya.

Untuk diketahui, sebelum menjabat sebagai Kepala BP Batam Lukita juga menjadi Ketua Tim Teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam. Ia mengurusi persoalan Batam. Hingga akhirnya, dia dipercaya turun langsung menyelesaikan sejumlah persoalan di Batam dengan menjadi Kepala BP Batam. Salah satu yang krusial, mengenai pertumbuhan ekonomi Batam yang merosot.

Visi Lukita saat itu, BBM27, Batam Bersatu Maju, dalam 2 tahun perekonomian Batam tumbuh 7 persen. Lukita dilantik menjadi Kepala BP Batam, Oktober 2017 lalu. Kurang lebih 1 tahun 3 bulan ia menjabat pimpinan BP Batam.

Banyak hal yang dilakukan Lukita kala itu untuk membangkitkan perekonomian Batam. Termasuk dari sisi pariwisata. Hingga akhirnya, perekonomian Batam yang sempat berada di angka 2 koma, bisa terangkat menjadi 4 koma.

Editor: Gokli