Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelum Beraksi Komplotan Begal di Batuaji Selalu Menenggak Miras
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 05-09-2019 | 16:40 WIB
kapolsek-dalimunthe1.jpg Honda-Batam
Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Delapan orang penyamun jalanan alias begal berhasil diamankan oleh Unit Reserse Kriminal Polsek Batuaji yang bekerja sama dengan Satreskrim Polresta Barelang. Dalam melakukan aksinya delapan pelaku ini diketahui terlebih dahulu meneguk minuman beralkohol.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe saat gala ekspose mengatakan, berdasarkan pengakuan pelaku, dalam melakukan aksinya mereka terlebih dahulu meneguk minuman keras. Hal ini dilakukan agar lebih berani dan percaya diri.

"Jadi usai minum pelaku langsung menyasar korban bermotor dengan cara menyetop motornya di tengah jalan, dan mengayunkan sebuah celurit. Melihat itu, kadang korban langsung meninggalkan motor karena ketakutan," ujar Dalimunthe, Kamis (5/9/2019).

Keberadaan pelaku ini pun mulai tercium setelah adanya warga yang melaporkan aksi mereka, hingga pada hari Senin (2/9/2019) kemarin, delapan pelaku berhasil ditangkap di area Jalan Senawangi, Kecamatan Batuaji.

Bahkan sejauh ini setelah dilakukan pengembangan, dari delapan pelaku yang berhasil diamankan masih ada 5 orang pelaku lainnya yang masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Masih ada sekitar 5 pelaku lagi yang masuk daftar pencarian orang DPO," ungkapnya.

Dengan adanya pengungkapan kelompok begal ini, Dalimunthe mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengawasi anak-anak, terutama perihal bagaimana anak bergaul di luar lingkungan keluarga.

"Jangan biarkan anak-anak terjerumus dalam dunia kejahatan. Selalu awasi anak, peran orang tua sangat penting untuk mendidik anak agar tidak terjerumus ke hal yang melawan hukum," pungkasnya.

Editor: Yudha