Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Elnusa Jelaskan Soal Status Aset Miliknya di Batam
Oleh : Redaksi
Selasa | 03-09-2019 | 17:16 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan nasional penyedia jasa energi, menjelaskan duduk perkara perjanjian kerja sama sewa menyewa lahan milik Elnusa oleh PT Patraindo (Patraindo) di Batu Ampar, Batam.

Elnusa merupakan pemilik tanah seluas 11 ribu meter persegi dan bangunan di atasnya di Batu Ampar. Patraindo merupakan penyewa lahan tersebut. Kerja sama antara Elnusa dan Patraindo telah dimulai sejak 2014. Namun pada pertengahan 2015, kerja sama ini mulai diwarnai dengan penunggakan-penunggakan pembayaran sewa oleh Patraindo.

"Elnusa telah memberikan keringanan atas penundaan pembayaran sewa tanah dan bangunan tersebut beberapa kali sejak tahun 2015. Namun, Patraindo telah lalai dari perjanjian kerja sama pembayaran hingga saat ini," ujar Head of Corporate Communications Elnusa, Wahyu Irfan melalui release, Selasa (3/9/2019).

Karena tidak ada itikad baik dari Patraindo, Elnusa melakukan pengamanan aset yang dimiliki pada akhir Juli 2019 lalu. Pengamanan ini pun dimediasi oleh aparat keamanan setempat. Atas upaya pengamanan aset ini, telah terjadi beberapa kali demo maupun aksi anarkis pembukaan gerbang secara paksa oleh orang yang mengaku karyawan Patraindo, Jumat lalu (28/08).

Wahyu menambahkan, Kami menyerahkan penanganan aksi anarkis penerobosan aset Elnusa kepada pihak yang berwenang dan tetap beritikad baik untuk membuka peluang musyawarah dengan Patraindo dalam penyelesaian masalah ini.

"Kami berharap Patraindo dapat berkomitmen dalam menyelesaikan tanggung jawabnya dengan melakukan pembayaran sesuai perjanjian sewa menyewa," katanya.

Selain itu, karena kericuhan ini, muncul pemberitaan yang tidak benar dan memberitakan bahwa Patraindo merupakan anak perusahaan Elnusa.

"Atas berita yang beredar tersebut, kami jelaskan bahwa Elnusa tidak memiliki anak perusahaan dan/atau afiliasi bernama PT Patraindo. Elnusa sebagai perusahaan publik selalu melakukan keterbukaan informasi sesuai regulasi maupun ketentuan yang ditetapkan oleh regulator. Seluruh informasi mengenai Elnusa, anak perusahaan dan/atau afiliasi dapat diketahui pada laporan tahunan, yang dapat diunduh melalui website www.elnusa.co.id," pungkas Wahyu.

Editor: Yudha