Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekilas Tentang Dua Kabupaten Calon Ibu Kota Baru
Oleh : Redaksi
Senin | 26-08-2019 | 17:04 WIB
peta-kaltim1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gambar Peta Kalimantan Timur.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga, yaitu pengumuman lokasi pasti Ibu kota baru Indonesia setelah Presiden Joko Widodo didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja mengumumkan bahwa Ibu Kota Baru akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (26/8/2019).

Dalam pemberitaan sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan alasan pindah ibu kota ini karena beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan dan lainnya.

Jakarta juga terlalu padat dan diperparah dengan polusi udara dan air, maka sudah saatnya ibu kota pindah demi pemerataan dan mengurangi kesenjangan yang ada.

Data dari Kantor Staf Presiden yang diterima Antara, menyebut dipilihnya Ibu kota baru pindah ke Kabupaten PPU dan Kukar bukannya tanpa alasan karena kedua kabupaten tersebut dinilai secara kajian minim bencana, baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, maupun tanah longsor.

Dua kabupaten ini juga berada di tengah wilayah Indonesia dan berdekatan dengan wilayah perkotaan yang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Selain itu, infrastruktur yang telah ada juga lengkap dan yang paling penting adalah pemerintah telah menguasai lahan seluar 180.000 hektar dan memang banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal kedua wilayah calon ibu kota baru tersebut, bahkan baru kali ini mendengar.

Untuk itu, kita simak sekilas soal dua kabupaten calon Ibu Kota Baru ini.

1. Kabupaten Penajam Paser Utara
Kabupaten PPU terletak di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan berbatasan dengan Kabupaten Kukar. Kabupaten ini bisa dibilang baru dan muda karena baru dikeluarkan Undang-undangnya pada 2002.

Kabupaten PPU juga termasuk kabupaten yang kecil karena hanya memiliki empat kecamatan. Masih banyaknya lahan di Kabupaten PPU bisa dikembangkan dan tentunya bisa dijadikan ukuran para investor untuk berinvestasi di sini ini.

Fasilitas infrastruktur, sarana, dan prasarana seperti jalan maupun alat transportasi sudah tersedia.

2. Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar)
Ibu Kota Baru Indonesia nantinya juga akan berada di sebagian Kabupaten Kukar. Kabupaten yang memiliki ibu kota kabupaten di Tenggarong ini memiliki wilayah yang cukup luas dan dekat dengan Kota Samarinda.

Dari aspek historis juga wilayah ini sangat penting karena menjadi lokasi salah satu kerajaan besar dan tertua di Indonesia, yaitu Kerajaan Kutai yang berdiri sekitar abad keempat.

Seperti halnya dengan Kabupaten PPU, Kukar juga memiliki penduduk yang multietnis dan multiagama.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan konstruksi awal Ibu Kota Baru bisa dimulai di akhir 2020.

Untuk warga Jakarta..siap-siap ya, walaupun nantinya sudah tidak jadi warga Ibu Kota lagi, tapi nanti warga akan menikmati Jakarta yang lebih lengang dan layak untuk hidup.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha