PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Tegaskan Pemindahan Ibukota Masih Menunggu Satu Dua Kajian
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 23-08-2019 | 11:28 WIB
Konpers-di-Bogor-19.jpg honda-batam
Presiden Jokowi menjawab wartawan dalam konperensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis (22/8/2019) petang. (OJI/Humas)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widoo (Jokowi) menampik sejumlah pemberitaan yang menyebut sudah ada keputusan mengenai lokasi baru ibukota negara yang akan dipindahkan dari Jakarta.

Lokasi baru itu disebutkan berada di salah satu wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). "Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," tegas Presiden Jokowi menjawab wartawan saat menyampaikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019) petang, seperti dikutip situs resmi Setkab RI.

Saat wartawan mendesaknya lagi, bahwa lokasi tersebut ada di Kalimantan Timur, Presiden tegas mengatakan, "Masih tunggu satu, dua kajian."

Sebelumya saat menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, Jumat (16/8/2019), Presiden Jokowi telah menyampaikan permohonan izin untuk memindahkan ibukota negara dari Jakarta. "Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Presiden Jokowi.

Pernyataan Presiden itu langsung disambut tepuk tangan panjang dari para peserta sidang yang memenuhi Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara MPR/DPD/DPR RI, Jakarta. Sebagian bahkan berdiri memberikan aplaus panjang.

Presiden menegaskan, ibukota bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. "Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tegasnya.

Editor: Gokli