PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dosen UBK Tegaskan Enzo Aset TNI dengan Bakat Hebat
Oleh : Redaksi
Minggu | 11-08-2019 | 18:04 WIB
enzo-panglima-tni.jpg honda-batam
Enzo saat dites oleh Panglima TNI. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tidak mudah memberikan cap ideologis dan politis tertentu pada remaja seusia Enzo Zenz Alie. Apalagi bila stempel yang diberikan itu didasarkan pada rekam jejak digital di saat perkembangan diri dan jiwanya belum matang.

Sejauh yang diamati dosen hukum Universitas Bung Karno (UBK), Azmi Syahputra, tidak ada alasan kuat bagi TNI untuk menghentikan proses rekruitmen atas diri Enzo.

'Pada waktu remaja anak usia muda cendrung punya perasaan eforia mencari identitas diri, jati diri yang kadang kurang tepat bisa jadi ketidaktahuannya. Dia belum mengerti. Jadi hal ini tidak bisa dengan mudah dikatakan sebagai ideologi,' ujar Azmi dalam perbincangan dengan redaksi.

Menurut Azmi yang juga Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha), Enzo adalah aset istimewa dengan bakat yang hebat berupa kemampuan bahasa yang bagus. Malah TNI akan kehilangan aset jika tidak merekrut dirinya.

'TNI sudah banyak pengalaman rekrut taruna jadi jangan dipersoalkan lagi. Ada sistem yang jelas," ujar Azami.

"Kalaupun dia kurang baik atau macam-macam dalam berideologi ada waktu empat tahun masa pendidikan dan bisa dipantau, dievaluasi dan dapat dikeluarkan bila harus. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menerima Enzo dalam pendidikan Akmil," jelas Azmi sekali lagi.

Selama masa pendidikan, diharapkan TNI dapat memperkuat nilai nasionalisme dan ideologi Pancasila di diri Enzo.

Di sisi lain, menurut Azmi, Badan Intelijen NEgara (BIN) bersama TNI juga perlu menyisir kegiatan-kegiatan yang mengarah ideologi anak usia muda. Kalau ada minta klarifikasi serta berjanji dan bersumpah setia pada ideologi Pancasila dan NKRI di hadapan publik.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani